Aktual

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ke-IX Tahun 2017 Jawa Timur

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan suatu kelompok masyarakat yang aktif bergerak untuk mengikuti dan mengembangkan kemajuan desa menuju sejahtera. KIM melalui pengawasan dan pembinaan Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan agenda dua tahunan dengan menggelar Pekan KIM dengan berbagai kegiatan sesuai dengan era perkembangan global yang ada.

Sebagai bentuk pembinaan dan apresiasi kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam membantu menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sekaligus sebagai ajang silaturahmi, sharing informasi dan unjuk prestasi bagi penggiat KIM Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur, Pekan KIM Jawa Timur kembali digelar. Tahun ini, Pekan KIM ke-IX yang dilaksanakan pada tanggal 12-16 September 2017, Kabupaten Pasuruan ditunjuk sebagai penyelenggara/ tuan rumah.Dengan tema “Revitalisasi Peran KIM Sebagai Media Jurnalisme Warga Menuju Masyarakat Informatif”, beragam agenda digelar selama sepekan penuh di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan, mulai tanggal 11-16 September 2017.
Banyak kegiatan yang akan diadakan seperti Grand Final LCCK (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif) diadakan pada tangal 11 September 2017, Pameran Produk Unggulan diselenggarakan pada tanggal 12 sampai dengan tanggal 16 September 2017, Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura) diselenggarakan pada tanggal 12 sampai tanggal 15 September 2017, Sarasehan KIM diadakan pada tanggal 13 September 2017, Lomba Mewarnai diadakan pada tanggal 13 September 2017, Workshop TIK pada tanggal 14 September 2017, Lomba Blogpada tanggal 14 September 2017, Lomba Foto On The Spot dan Foto Off The Spotpada tanggal12 sampai tanggal 15 September 2017 serta Field Trip Destinasi Wisata Kabupaten Pasuruan pada tanggal 14 September 2017.Melalui Pekan KIM Jawa Timur, masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif dalam menyukseskannya. Tentunya dengan bersinergi, menjadi bagian dari serangkaian agenda yang siap diselenggarakan selama sepekan penuh.
Gubernur Jawa Timur dalam hal ini diwakili oleh Wakil Gubernur Jawa Timur H.Saifullah Yusuf atau yang lebih dikenal dengan Gus Ipul berkenan membuka sekaligus meresmikan Pekan KIM IX Tahun 2017 di Pasuruan tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa di Jawa Timur tercatat memiliki kurang lebih 300 Kelompok Informasi Masyarakat. Harapan kita mudah mudahan KIM terus memperkuat perannya ditengah tengah masyarakat karena banyak tantangan didepan kita. Tantangan yang pertama adalah kemajuan teknologi cukup pesat. “Kemajuan teknologi ini membuat kita harus bisa menggunakan, mengikuti, dan sekaligus memilih dan memilah. Kemajuan Teknologi bisa membuat kita ketinggalan kalau kita tidak bisa mengikuti dengan baik. KIM ini dengan adanya teknologi bisa maju bersama sama, tidak ada kesenjangan antara di desa dan dikota.” Papar gus Ipul.
Beliau juga menyampaikan satu contoh perkembangan era kedepan di Jawa Timur. “Pada saatnya Jawa Timur nanti bisa jadi kota semua tidak ada desa, ketika jalan jalan tol sudah jadi semua, kemudian nanti ada jalan lingkar Propinsi Jawa Timur maka nanti muter jawa timur ndak perlu waktu yang sangat lama.Sebentar lagi Tol Solo – Surabaya akan diresmikan paling tidak tahun depan, ketika mudik itu nanti tol Surabaya-Solo sudah sambung bahkan diperkirakan sudah sambung sampai Jakarta”. Jelas H.Saifullah Yusuf. Menurut Gus Ipul, kepada teman teman yang bergerak di Kelompok Informasi Masyarakat hendaknya bisa menggunakan Teknologi canggih ini dengan baik sehingga manfaatnya bisa dirasakan. Siapa yang mendapatkan informasi lebih dahulu itulah yang akan menjadi pemenang.
Peresmian Pekan Kelompok Informasi Masyaraka ke IX Tahun 2017 ditandai dengan pemotongan pita dan rangkaian bunga melati didepan pintu masuk Stan Pameran oleh H. Saifullah Yusuf didampingi oleh Bupati Pasuruan dan Para Pejabat serta dilanjutkan keliling melihat stan-stan pameran yang diikuti oleh 38 kabupaten/kota Se- Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *