Tanggal terbit:

Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional ke-109 dan Hari Otonomi Daerah ke XXI Tahun 2017

      Upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke109 dan Hari Otonomi Daerah ke XXI dilaksanakan di halaman GOR Untung Suropati pada hari Senin tanggal 22 Mei 2017 dan dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, anggota Forkopimda Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Kepala Sekolah, dan Undangan lainnya serta peserta upacara.
      Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Walikota Pasuruan, Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si. Dalam amanatnya, beliau meyampaikan bahwa pada awal tahun 2017 Presiden Jokowi mencanangkan program Nawa Cita dengan penekanan khusus pada aspek pemerataan pada semua bidang pembangunan. Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2017 mempunyai tema “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”. Tema tersebut mengandung pesan untuk mewujudkan semangat Kebangkitan Nasional melalui strategi, kebijakan, dan implementasi pada pelayanan kepada masyarakat. Semangat Kebangkitan Nasional tercetus ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo.  Semangat tersebut sangat ampuh untuk menyatukan dan menyemangati bangsa Indonesia dalam kehidupan bernegara. Hanya dengan semangat untuk tidak meninggalkan satu orangpun tercecer dalam gerbong pembangunan maka Negara Kesatuan Republik Indonesia akan tetap jaya.
     Upacara bendera tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXI yang merupakan momentum untuk mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksanaan Otonomi Daerah pada masing-masing Daerah Otonom. Pelaksanaan Otonomi Daerah senantiasa difokuskan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.
    Tema Hari Otonomi Daerah ke XXI Tahun 2017 adalah “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik melalui E-Government”. Tema tersebut memiliki makna yaitu :
1.  Pelaksanaan Otonomi Daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat;
2.    Upaya peningkatan kinerja pelayanan publik harus dikelola berbasis Elektronic-Government, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Daerah;
3.    Ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis Elektronic-Government membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur Pemerintah Daerah;
4.   Upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis Elektronic-Government akan dapat mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang baik (Good Local Government) dan aparatur Pemerintah Daerah yang bersih (Clean Local Government).
    Pemerintah Daerah harus memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Saat ini, Kementerian Dalam Negeri  mengembangkan program “Smart City” atau Kota Pintar, bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah agar mengembangkan E-Government dalam penyediaan pelayanan publik. Selain itu juga dikembangkan “City Branding” atau Pencitraan Kota, untuk mendorong setiap Pemerintah Kota memprioritaskan program pembangunan pada sektor tertentu sesuai karakteristik daerah dan kebutuhan masyarakat yang berbasis E-Government.
    Melalui pelaksanaan program-program pembangunan daerah, yang dipadukan dengan pelaksanaan program-program pembangunan nasional, diharapkan terwujudnya peningkatan kinerja penyelenggaraan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sehingga seluruh infrastruktur yang telah dibangun dapat memberikan manfaat ekonomis dalam meningkatnya kesejateraan masyarakat.

Tinggalkan Komentar

Tambahkan Komentar dibawah

0 Komentar

    Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan

    • Kantor : JL. Achmad Yani 53, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67134 PASURUAN
    • Email : kominfo[at]pasuruankota.go.id
    • Telepon : (0343) 5616668

kritik & saran