Tanggal terbit:

Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK

Berita Kota

Berita Terbaru

      Sebagaimana kita ketahui bersama visi misi gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur, sehat sejahtera lahir dan batin serta mandiri, kemudian untuk mewujudkan visi misi tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pembentukan karakter keluarga melalui penghayatan, pengamalan Pancasila, kegotong royongan serta kesetaraan dan keadilan gender. Kemudian meningkatkan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan sehat dan layak huni. Kemudian yang ketiga meningkatkan pendidikan dan ekonomi keluarga melalui berbagai upaya keterampilan dan pengembangan koperasi dan yang terakhir dengan cara meningkatkan pengelolaan gerakan PKK meliputi kegiatan pengorganisasian dan peningkatan SDM.
      Dalam menjalankan organisasi kemasyarakatan seperti PKK kita harus menerapkan berbagai etika seperti etika berorganisasi, etika kepemimpinan, etika komunikasi, etika kultural dan etika berkoordinasi. Etika berorganisasi contohnya, para anggota PKK harus dapat mengutamakan team work atau kerjasama tim, menerapkan sikap keterbukaan atau tidak terhubung dengan lembaga/organisasi tertentu. Kemudian menerapkan sistem thinking atau berpikir sistem artinya kelembagaan PKK sebagai kesatuan sistem yang melihat sesuatu secara menyeluruh. Kemudian menerapkan pendekatan akomodatif dan komplementer yang artinya sistem keanggotaan tidak sekedar profesional berdasarkan keahlian di bidang tertentu tetapi juga mempertimbangkan keseimbangan komposisi yang ada.
Dan yang tidak kalah pentingnya, dalam menerapkan etika kepemimpinan PKK, juga harus menerapkan etika kepemimpinan yang partisipatif atau demokratis, mau menerima saran, masukan dan pendapat dari orang lain.
      Dari uraian diatas, pada hari Rabu tanggal 6 September 2017, bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan diselenggarakan Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan Se-Kota Pasuruan Tahun 2017. Adapun tema yang diambil dalam rapat koordinasi adalah melalui rapat koordinasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga 2017 kita laksanakan  konsolidasi program  sebagai sarana mewujudkan akselerasi program-program PKK. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Walikota Pasuruan, dihadiri Wakil Walikota, Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Kota/Kecamatandan Kelurahan Se-Kota Pasuruan, Kepala OPD terkait serta undangan lain. Adapun maksud dari rapat koordinasi adalah sebagai media realisasi visi dan misi tim penggerak PKK Kota Pasuruan serta bertujuan untuk sinkronisasi program tim penggerak PKK Provinsi, tim penggerak Kota Pasuruan, tim penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan Se-Kota Pasuruan serta untuk mewujudkan sinkronisasi program Pemerintah Daerah khususnya SKP terkait sebagai dewan pembina tim penggerak PKK Kota Pasuruan tahun 2018. Jumlah peserta sebanyak 321 orang terdiri dari tim penggerak PKK Kota Pasuruan 45 orang, tim penggerak PKK Kecamatan Se-Kota Pasuruan 28 orang, tim penggerak PKK Kelurahan Se-Kota Pasuruan 238 orang serta dinas terkait selaku dewan pembina 10 orang.
      Dalam kesempatan ini Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si mengatakan Tim Penggerak PKK harus mengedepankan prinsip yaitu pembimbing, menerapkan kepemimpinan yang tegas, namun tidak otoriter, tanggung jawab pengambilan keputusan pada anggota berdasarkan musyawarah mufakat  dan menciptakan suasana saling menghargai, saling menghormati dan saling menerima sesama anggota PKK.
Seusai sambutan di teruskan dengan pemaparan/pembekalan materi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan Dra. H. Rini Setiyono, MPd dilanjutkan dengan pemaparan materi sesi kedua oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur. Dilanjutkan dengan diskusi kelompok terbagi ada 4 (empat) bidang kelompok kerja (Pokja).

Tinggalkan Komentar

Tambahkan Komentar dibawah

0 Komentar

    Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan

    • Kantor : JL. Achmad Yani 53, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67134 PASURUAN
    • Email : kominfo[at]pasuruankota.go.id
    • Telepon : (0343) 5616668

kritik & saran