Tanggal terbit:

Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Pasuruan Tahun 2017

Berita Kota

Berita Terbaru

      Bahwa dalam rangka penyelenggaraan otonomi, Daerah mempunyai kewajiban melindungi masyarakat menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Disamping hal tersebut juga mempunyai kewajiban memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. Untuk mewujudkan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat perlu dilakukan upaya-upaya kewaspadaan dini dan cegah dini masyarakat. Sebagai wujud nyata penyelenggaraan otonomi daerah.
      Berangkat dari hal tersebut diatas, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan memandang perlu melaksanakan kegiatan fasilitasi forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM), kegiatan ini merupakan program sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antara Pemerintah, Polri dan warga masyarakat.
      Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Walikota Pasuruan pada hari selasa tanggal 19 September 2017, bertempat di rumah makan Gedoeng Woloe Kota Pasuruan. Tampak hadir Kapolres Pasuruan Kota, Asisten I Bidang Pemerintahan, Kepala OPD terkait, Camat/Lurah selaku ketua Dewan Penasehat Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan dan Kelurahan Se-Kota Pasuruan, nara sumber serta peserta kegiatan.
      Laporan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si mengatakan maksud dan tujuan kegiatan fasilitasi forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, melalui upaya “Deteksi Dini” terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana. Adapun peserta Kegiatan  Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Pasuruan adalah Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan/Kecamatan Se-Kota Pasuruan, warga masyarakat Kota Pasuruan dengan total peserta sebanyak 208 orang.
      Dalam kesempatan ini Walikota Pasuruan Bapak Drs. H.Setiyono, M.Si berpesan marilah kita ciptakan situsasi dan kondisi yang kondusif dengan meningkatkan kewaspadaan melalui tindakan deteksi dini dan cegah dini terhadap adanya upaya-upaya dari kelompok kepentingan tertentu yang dapat mengganggu stabilitas sosial politik serta keamanan dan ketertiban masyarakat, serta optimalkan sistem lapor cepat tentang perkembangan situasi daerah masing-masing agar dapat dilakukan upaya antisipasi secara cepat dan tepat.
      Dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa mendorong terwujudnya masyarakat yang aman, tenteram dan damai disertai dengan suasana kehidupan harmonis, selaras dan seimbang dilandasi dengan nilai-nilai demokrasi Pancasila.

Tinggalkan Komentar

Tambahkan Komentar dibawah

0 Komentar

    Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan

    • Kantor : JL. Achmad Yani 53, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67134 PASURUAN
    • Email : kominfo[at]pasuruankota.go.id
    • Telepon : (0343) 5616668

kritik & saran