Tanggal terbit:

Himbauan Kepada Masyarakat Mengenai Adanya Situs Pengecekan e-KTP Secara Online

Post Image

Akhir-akhir ini ramai diberitakan melalui media sosial mengenai munculnya situs-situs maupun aplikasi smartphone yang diklaim dapat digunakan untuk melakukan [engecekan e-KTP/data kependudukan secara online. Sesuai dengan pernyataan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negri (www.dukcapil.kemendagri.go.id) bahaw situs - situs tersebut bukan resmi situs pemerintah, sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan kevalidan datanya, Data kependudukan tidak dibuka untuk umum, tidak terkoneksi dan tidak dapat diakses secara online oleh masyarakat, dan telah diusulkan pemblokiran kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Menyikapi hal ini, masyarakat diminta untuk waspada sebagai antisipasi adanya penyalahgunaan data kependudukan yang pada akhirnya dapat merugikan masyarakat sendiri.

Untuk melakukan pengecekan data kependudukan, masyarakat dapat datang lansgung ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat dengan syarat pemohon adalah yang bersangkutan sendiri atau anggota keluarga dalam satu KK.

     

    Bagian Pengelola Data Elektronik Sekretariat Daerah Kota Pasuruan

kritik & saran