Hutan Kota Pasuruan

Hutan kota adalah hutan atau sekelompok pohon yang tumbuh di dalam kota atau pinggiran kota. Dalam arti yang lebih luas bisa berupa banyak jenis tanaman keras atau pohon yang tumbuh di sekeliling pemukiman. Hutan kota bisa merupakan hutan yang disisakan pada perkembangan kota atau sekelompok tanaman yang sengaja dibuat untuk memperbaiki lingkungan kota.

Hutan kota penting untuk keseimbangan ekologi manusia dalam berbagai hal seperti, kebersihan udara, ketersediaan air tanah, pelindung terik matahari, kehidupan satwa dalam kota dan juga sebagai tempat rekreasi. Hutan kota bisa mengurangi dampak cuaca yang tidak bersahabat seperti mengurangi kecepatan angin, mengurangi banjir, memberi keteduhan. Juga memberikan efek pengurangan pemanasan global. Definisi hutan kota bisa dilihat pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2002 Tentang Hutan Kota. Sumber>>

No

Nama Hutan Kota

Lokasi/Alamat

Luas (m2)

1

Hutan Kota ex Pasar Karangketug

Jl. Achmad Yani

1.600

2

Taman Lansia

Kelurahan Purutrejo

15.977

3

Kebun Bibit

Kelurahan Sekargadung

20.000

4

Taman Lingkungan

Kelurahan Tamba’an

3.000

5

Hutan Kota Taman Lingkungan

Kelurahan Pekuncen

5.255

6

Hutan Kota Taman Lingkungan (P2KH)

Kelurahan Pekuncen

3.150

Sumber : Badan Lingkungan Hidup Kota Pasuruan

Masing-masing hutan kota sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya adalah adanya fasilitas untuk bermain anak-anak seperti ayunan, jungkat jungkit, adanya jalan setapan untuk refleksi kaki, adanya tempat sampah yang letaknya mudah di jangkau dan banyak dan lain-lain. Ada juga akses internet wifi yang disediakan telkom. Dengan adanya taman-taman ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu sebagai alternatif tempat liburan ruang terbuka dan dapat mengurangi kepenatan rutinitas sehari-hari dan dengan adanya banyak pepohonan akan dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar lingkungan taman.


1. Taman Pekuncen
Taman ini terletak di sekitar pelataran Kelurahan Pekuncen, fasilitas di taman ini lengkap, mulai dari tempat sampah yang tersebar di sudut-sudut taman, denah taman, kursi/bangku untuk duduk-duduk dan menikmati taman, track untuk pijat refleksi, akses jalan yang luas, adanya tempat dan fasilitas mainan untuk anak-anak, adanya skatepark dan perosotan yang saat ini masih dalam proses pembangunan dan yang paling penting adalah tanamannya. Tanaman dan bunga yang ada di taman ini sangat terawat dan tumbuh subur. 

Pintu Masuk Taman Pekuncen


Taman Pekuncen - tampak depan


tempat bermain untuk anak-anak di Taman Pekuncen


Fasilitas kebersihann di Taman Pekuncen


2. Taman Lansia
Taman ini terletak di sebelah selatan perempatan Rumah Sakit dr Soedarsono. Pintu masuk taman ini cukup luas, fasilitas di taman ini lengkap, mulai dari tempat sampah yang tersebar di sudut-sudut taman, kursi/bangku untuk duduk-duduk dan menikmati taman, track untuk refleksi kaki, ada juga lapangan futsal yang disediakan untuk umum dan gratis, dan di tengah-tengah taman ada panggung kecil yang disediakan untuk melakukan pertunjukan, baik itu pertunjuan musik ataupun pertunjukan lainnya. Di taman ini juga disediakan fasilitas wifi dari telkom, selain itu ada juga sedikit taman bermain untuk anak-anak berupa jungkat jungkit dan ayunan.

Pintu masuk Taman Lansia


Tempat bermain untuk anak di Taman Lansia


Lapangan futsal dan refleksi kaki di Taman Lansia


 beberapa bunga dan tanaman di Taman Lansia


3. Taman Sekargadung

Taman ini sesuai namanya terletak di kelurahan Sekargadung Kota Pasuruan, mempunyai luas sekitar 20.000 m2. Fasilitas di taman ini cukup lengkap, mulai dari adanya akses internet wifi dari telkom, tempat sampah yang banyak, toilet, tempat bermain untuk anak-anak, panggung pertunjukan dan ain-lain. Karena taman ini cukup luas dan lebih banyak tanaman perkebunannya, taman ini juga kadang difungsikan sebagai bumi perkemahan.


Pintu Masuk Taman Sekargadung



Fasilitas Kebersihan Taman Sekargadung



Panggung mini dan jalan masuk Taman Sekargadung



Tempat Bermain Anak Taman Sekargadung



Tanaman Taman Sekargadung


4. Taman Lingkungan dan Hutan Mutu Tambaan

Taman ini terletak di Kelurahan Tambaan, menempati area seluas 3000 m2,  taman ini difungsikan sebagai sarana bermain dan ruang terbuka hijau untuk masyarakat disekitarnya. Tanaman yang ada di taman ini lebih banyak bunga-bungaan, sehingga cocok untuk dijadikan tempat piknik bagi masyarakat yang ada di sekitar taman ini.







     

    Bagian Pengelola Data Elektronik Sekretariat Daerah Kota Pasuruan

kritik & saran