Pasar Bukir Pasuruan

Pasar bukir adalah pasar yang khusus menjual dan memasarkan hasil industri kayu di Kota Pasuruan. Berdiri sejak tahun 2002, pasar ini terus mengalami pembangunan dan update infrastruktur untuk lebih memajukan potensi pasar ini. Pasar Bukir memiliki luas area kurang lebih 2ha, dan ditempati oleh kurang lebih 80 pedagang yang menempati bedak yang disediakan dengan ukuran bervariasi antara 4x8 dan 4x3 meter.

 

Pasar ini memiliki sarana yang cukup lengkap, diantaranya mushola, tempat parkir yang luas dan kemudahan akses jalan yang dilewati oleh jalur transportasi antar kota.

Selain itu, saat ini juga sedang berlangsung proses pambangunan bedak baru, dengan luas total 23x24 meter, bedak ini nantinya akan ditempati oleh 16 pedagang, dengan masing-masing pedagang memperoleh bedak seluas 6x5 meter.

Kayu yang digunakan sebagian besar berupa kayu jati dan masih didatangkan dari luar kota. Meubel yang dihasilkan disini sudah merambah pasar luar kota diantaranya Banyuwangi, Tulungagung, Blitar dan sekitarnya. Selain dalam negri meubel di pasar ini juga sudah menembus pasar export, diantaranya diexport ke malaysia.

Selain menjual dalam bentuk yang masih setengah jadi, ada juga produk yang sudah 100% jadi dan siap pakai, untuk produk yang siap pakai ini biasanya untuk pasar luar negri dan untuk luar pulau, misalnya ke Sumbawa dan Kalimantan.

Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00, dan puncak keramaiannya terjadi sekitar akhir pekan, yaitu hari sabtu dan minggu. Melihat ramainya pasar ini, tidak heran jika omset rata-rata perbulan dari masing-masing pedagang disini sekitar 10 juta perbulan.

Mushola Pasar Bukir

Mushola Pasar Bukir

    Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan

    • Kantor : JL. Achmad Yani 53, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67134 PASURUAN
    • Email : kominfo[at]pasuruankota.go.id
    • Telepon : (0343) 5616668

kritik & saran