AktualPublikasi

Prioritaskan Produk dalam Negeri dan UMKM-Koperasi, LKPP Bentuk E-Katalog dan Toko Daring

Pasuruan Kota Madinah. E-Katalog adalah aplikasi belanja online yang dikembengkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP).

Aplikasi yang menyediakan berbagai macam produk dari berbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah tersebut diharapkan dapat menjadi wadah bagi UMKM dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Kepala LKPP, Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa hal itu merupakan arahan Presiden Joko Widodo, “Arahan presiden terkait pengadaan barang/jasa pemerintah,” papar Anas saat rapat koordinasi bersama Mendagri, Senin (24/01/2022).

Menurutnya, hal ini akan bergantung pada bagaimana stakeholder untuk mempercepat dan mempermudah UMK dan koperasi untuk masuk ke sistem belanja pemerintah.

“LKPP memiliki target untuk semakin intensif mendigitalisasi produk-produk UMKM di daerah. Namun, itu semua perlu kerjasama antar pihak,” imbuh Anas.

E-katalog dan toko daring sendiri nantinya akan memberi banyak manfaat, diantaranya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi lokal/regional, menumbuhkan iklim usaha khususnya pelaku UMKM, serta mempercepat dan mempermudah belanja APBN dan APBD.

Disamping e-katalog dan toko daring, lanjut Anas, layanan Bela Pengadaan bagi UMKM juga ditargetkan ada peningkatan pada jumlah transaksi lebih dari dua kali lipat.

Selanjutnya, Anas berharap agar benar-benar ada sinergi dan harmonisasi aturan pemerintah. dengannya, belanja untuk UMKM dan koperasi di daerah bisa segera terakselerasi.

Seperti diketahui, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wobowo beserta jajarannya mengikuti Rakor Mendagri yang digelar secara virtual tersebut di ruang rapat gedung MCC Pemerintah Kota Pasuruan. (lio)