DAFTAR PENGHARGAAN TAHUN 2019

1. Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla (JK) menyerahkan Piala Adipura periode tahun 2017 sampai tahun 2018 kepada 146 penerima. penghargaan Adipura dan sertifikat di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada hari Senin, 14 Januari 2019. Ada beberapa Kota dan Kabupaten yang menerima Piala Adipura kategori Kota Sedang, salah satunya yakni Pemerintah Kota Pasuruan menerima Piala Adipura ke 9 (sembilan) kali yang diterima oleh Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST.

2. Pemerintah Kota Pasuruan menerima Piagam Penghargaan Paramesti di berikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Bapak Anung Sugihantono kepada Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di Auditorium Siwabessy Gedung Profesor Sujudi Lantai 2, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jalan HR Rasuna Said Blok X-5 Kav 4-9 Jakarta pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019. Piagam Penghargaan Paramesti dianugerahkan kepada Pemerintah Kota Pasuruan karena telah menetapkan Peraturan Walikota Tentang Kawasan Tanpa Rokok, diharapkan dapat segera menetapkan Peraturan Daerah serta implementasinya. Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Pasuruan di dampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dan Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik Kota Pasuruan.

3. Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 dilaksanakan di Lapangan Karebosi, Makasar tanggal 23 Juli 2019 yang dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indoneisa, Yohana Yembise. Sedangkan “Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak dilaksanakan malam harinya tanggal 23 Juli 2019 di Hotel Four Points Makasar.
Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST turut hadir dalam acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 didampingi oleh Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Pasuruan dan Kepala OPD, serta Camat Se Kota Pasuruan. Malam harinya dilanjutkan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019. Pemerintah Kota Pasuruan pada peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 ini mendapatkan Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yaitu kategori Penghargaan Madya. Untuk tahun ini Pemerintah Kota Pasuruan penghargaan tersebut menjadi meningkat, dari penghargaan Pratama menjadi Madya.
Pada pertemuan Forum Anak Nasional 2019 tanggal 19-22 Juli 2019, Pemerintah Kota Pasuruan juga mendapatkan Piagam Penghargaan DAFA AWARD 2019 diberikan kepada Forum Anak Gadingrejo sebagai Kelurahan Terbaik yang diwakili oleh Ika Devy Fitriningtyas siswi dari SMA Negeri 2 Kota Pasuruan.

4. Pemerintah Kota Pasuruan menerima Penghargaan Swasti Saba Tingkat Wistara di berikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia kepada Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di Ruang Rapat Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat. Penghargaan tersebut diberikan pada hari Selasa tanggal 19 November 2019. Pemerintah dan masyarakat Kota Pasuruan harus berbangga memperoleh penghargaan level Wistara pada penyelenggaraan Kabupaten Sehat atau dikenal dengan Swasti Saba yang dinilai setiap 2 (dua) tahun oleh Pemerintah Pusat. Level Wistara adalah level tertinggi dalam kategori Swasti Saba setelah Wiwerda dan Padapa.
Kota Pasuruan meraih anugerah Swasti Saba kategori Wistara sebagai predikat Kota Sehat dan ini untuk pertama kalinya di peroleh yang merupakan penghargaan tertinggi untuk Kota Sehat.

5. Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan kepada PELANGI SAKINA (Peduli dan Sayangi Ibu, Stop Kematian Ibu dan Anak) UPT Puskesmas Gadingrejo Kota Pasuruan sebagai Top 45 kompetisi inovasi pelayanan publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 kategori Kesehatan. Piagam penghargaan tersebut di berikan oleh Gubernur Jawa Timur kepada Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di Hotel Bumi Surabaya Jalan Jenderal Basuki Rakhmat Nomor 106-128 Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya pada hari Selasa tanggal 3 Desember 2019. Dalam kesempatan tersebut Plt. Walikota Pasuruan di dampingi Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Pengembangan Dan Penelitian Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Djoko Adri Srijono, M.Si, Plt. Inspektur Kota Pasuruan Bapak H. Mualif Arif, S.Sos, MM dan Kepala Sub Bagian Ketatalaksanaan dan Pengembangan Pelayanan Publik pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan Bapak Wakhfudi Widayat, S.Sos.

=================================================================================================

DAFTAR PENGHARGAAN TAHUN 2018

Beberapa penghargaan yang diperoleh Pemerintah Kota Pasuruan Tahun 2018 antara lain :

  1. Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si pada hari Kamis malam tanggal 5 April 2018 memperoleh penghargaan Sindo Government Award 2018 kategori Inovasi Layanan Publik. Penghargaan tersebut diberikan oleh Chairman MNC Grup Bapak Harie Tanoesoedibyo bertempat di Pullman Hotel Jakarta Jalan M.H. Thamrin Kav 59, 10350 Jakarta Pusat.
  2. Pemerintah Kota Pasuruan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penghargaan opini WTP tahun ini yang kedua kalinya yang diraih oleh Pemerintah Kota Pasuruan, sebelumnya pada tahun 2017 juga memperoleh opini WTP. Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si dan Ketua DPRD Kota Pasuruan Bapak H. Ismail. M Hasan, SE menerima secara langsung dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2017 dari Pelaksana Tugas Kepala BPK Jatim Adib Amali di Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo pada hari Kamis tanggal 31 Mei 2018.
  3. Pemberian penghargaan dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Ibu Puan Maharani kepada Gubernur/Bupati/Walikota dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi/Kabupaten/Kota. Perlu diketahui ada 3 penghargaan yang di raih Pemerintah Kota Pasuruan yaitu Penghargaan Manggala Karya Kencana Kepada Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si. Penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan Ibu Hj. Rini Widjajati Setiyono, S.Pd, MM dan Penghargaan Prakarti Madya II Tingkat Nasional Pelaksana Terbaik PKK KKBPK-Kesehatan kategori Kota Tahun 2018 kepada Kelurahan Tembokrejo Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan.
  4. Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV Tahun 2018 tingkat Provinsi Jawa Timur diselenggarakan di Kabupaten Madiun selama 3 (tiga) hari berturut-turut mulai hari Rabu sampai hari Jum’at tanggal 11 Juli 2018 sampai dengan tanggal 13 Juli 20018. Pada acara tersebut, Kelurahan Tembokrejo Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan sebagai pemenang Terbaik I Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 Kategori Kota. Dalam kesempatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Ibu Hj. Nina Kirana Soekarwo menyerahkan penghargaan tersebut kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan Ibu Hj. Rini Widjajati Setiyono, S.Pd, MM.
  5. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Ibu Prof. DR. Yohana Susana Yambise, DIP. APLING, MA berkunjung ke Dyandra Convention Center Jalan Basuki Rachmat Nomor 93 – 105 Surabaya pada hari Senin malam tanggal 23 Juli 2018.
    Perlu di ketahui, Pemerintah Kota Pasuruan menerima anugerah Kota Layak Anak tingkat Pratama yang di serahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Ibu Prof. DR. Yohana Susana Yambise, DIP. APLING, MA kepada Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si.
  6. Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono M.Si menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan (SLP) bidang perkoperasian dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada hari Kamis tanggal 12 Juli 2018. Tanda Kerhomatan tersebut disematkan dalam acara Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-71 tahun 2018, di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD Grand Boulevard Raya 1 BSD City, Tangerang, Banten. Penetapan Bapak Drs. H. Setiyono M.Si sebagai penerima Satyalancana Pembangunan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Presiden RepubIik Indonesia Nomor 56/TK/Tahun 2018 dan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 57 tahun 2018 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan. Satyalancana adalah sebuah prestise bagi seorang kepala daerah yang dianggap berhasil dalam memajukan daerahnya.
  7. Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018. “PETERPAN (Pelayanan Terpadu Pemenuhan Hak Sipil Anak ) yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Kepada Walikota Pasuruan Drs.H. Setiyono, M.Si di Surabaya pada tanggal 19 September 2018.