01

(2020) penghargaan bps atas capaian response rate melebihi target pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) Tahun 2020

Pemerintah Kota Pasuruan menerima 2 (dua) penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur dan Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia atas capaian response  rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO). Penghargaan tersebut di serahkan oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Timur Bapak Dr. Dadang Hardiwan S.Si, M.Si kepada Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST pada hari Rabu pagi tanggal 22 Juli 2020 di ruang kerja Sekretariat Pemerintah Kota Pasuruan. Pada kesempatan ini hadir Kepala BPS Kota Pasuruan Ibu Sri Kadarwati, S.Si, MT,  Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Pasuruan Bapak Kokoh Arie Hidayat, SE, S.Sos, MM dan Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan Ibu H. Siti Mariyam, S.Sos, MM.

02

(2020) Penghargaan Capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018 atas Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2019

Sebagai bentuk apresiasi terhadap capaian Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota se-Jawa Timur atas kinerjanya, Gubernur Jawa Timur menyerahkan secara langsung Penghargaan Capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018 atas Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2019 dari Kementerian  Dalam Negeri  kepada 38 Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi pada hari Jum’at sore tanggal 16 Oktober 2020. Turut mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah, Sekretaris Daerah Heru Tjahjono, Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Jatim Jempin Marbun, SH, MH serta jajaran Kepala OPD terkait lainnya.

Dalam kesempatan ini, Pjs. Walikota Pasuruan   Bapak  Dr. Ardo Sahak, SE, MM menerima langsung Piagam Penghargaan Hasil Capaian Kinerja Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Dari Gubernur Jawa Timur.

03

(2020) Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 Dengan Kategori "Memuaskan"

Pemerintah Kota Pasuruan meraih peringkat XII “Memuaskan” dengan nilai 88,47 dalam Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di The Sunan Hotel, Surakarta, Jawa Tengah pada hari Rabu tanggal 26 Februari 2020. Penganugerahan tersebut dalam kategori Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota berdasarkan hasil pengawasan tahun 2019. Penyerahan penghargaan diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia Bapak Tjahjo Kumolo dan Plt Kepala ANRI Bapak Muhammad Taufik kepada Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST dan juga hadir Plt. Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pasuruan Bapak Ir. Yudi Andi Prasetya, M,Si serta Kepala Bidang Kearsipan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pasuruan Bapak Firmansyah.

04

(2020) Penghargaan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Wilayah II Tahun 2019

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RepubIik Indonesia Bapak Muhammad Yusuf Ateh, Ak, MBA menyerahkan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Wilayah II Tahun 2019 pada hari Senin tanggal 27 Januari 2020 di Inaya Putri Bali Kawasan Wisata Nusa Dua Lot S-3, Benoa, Kecamatan Kuta Sel, Kabupaten Badung, Bali. Wilayah II meliputi 11 Provinsi yaitu Provinsi Bali, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Lampung, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Timur dan ada 150 Kabupaten/Kota di Wilayah II. Dalam kesempatan ini, Plt. Walikota Pasuruan   Bapak  Raharto   Teno  Prasetyo, ST menerima Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RepubIik Indonesia dengan predikat B (Baik).  Hadir juga dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Inspektur Kota Pasuruan, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan serta Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi pada Badan  Perencanaan Pembangunan, Pengembangan Dan Penelitian Daerah Kota Pasuruan.

05

(2019) Top 45 kompetisi inovasi pelayanan publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 kategori Kesehatan

Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan  kepada PELANGI SAKINA (Peduli  dan Sayangi Ibu, Stop Kematian Ibu dan Anak) UPT Puskesmas Gadingrejo Kota Pasuruan sebagai Top 45 kompetisi inovasi pelayanan publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 kategori Kesehatan. Piagam penghargaan tersebut di berikan oleh Gubernur Jawa Timur kepada Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di Hotel Bumi Surabaya Jalan Jenderal Basuki Rakhmat Nomor 106-128 Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya pada hari Selasa tanggal 3 Desember  2019. Dalam kesempatan tersebut Plt. Walikota Pasuruan di dampingi Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM, Kepala Badan  Perencanaan Pembangunan, Pengembangan Dan Penelitian Daerah Kota Pasuruan Bapak  Drs. H. Djoko Adri Srijono, M.Si, Plt. Inspektur Kota Pasuruan Bapak H. Mualif Arif, S.Sos, MM dan Kepala Sub Bagian Ketatalaksanaan dan Pengembangan Pelayanan Publik pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan Bapak Wakhfudi Widayat, S.Sos.

06

(2019) Penghargaan Swasti Saba Tingkat Wistara Tahun 2019

Pemerintah Kota Pasuruan menerima Penghargaan Swasti Saba Tingkat Wistara di berikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia kepada Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di Ruang Rapat Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat. Penghargaan tersebut diberikan pada hari Selasa tanggal 19 November  2019. Pemerintah dan masyarakat Kota Pasuruan harus berbangga memperoleh penghargaan level Wistara pada penyelenggaraan Kabupaten Sehat atau dikenal dengan Swasti Saba yang dinilai setiap 2 (dua) tahun oleh Pemerintah Pusat. Level Wistara adalah level tertinggi dalam kategori Swasti Saba setelah Wiwerda dan Padapa. Kota Pasuruan meraih anugerah Swasti Saba kategori Wistara  sebagai predikat Kota Sehat dan ini untuk pertama kalinya di peroleh  yang merupakan penghargaan tertinggi untuk Kota Sehat.

07

(2019) Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2019

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 dilaksanakan di Lapangan Karebosi, Makasar tanggal 23 Juli 2019 yang dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indoneisa, Yohana Yembise. Sedangkan “Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak dilaksanakan malam harinya tanggal 23 Juli 2019 di Hotel Four Points Makasar.

Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST turut hadir dalam acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 didampingi oleh Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Pasuruan dan Kepala OPD, serta Camat Se Kota Pasuruan. Malam harinya dilanjutkan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019. Pemerintah Kota Pasuruan pada peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 ini mendapatkan Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yaitu kategori Penghargaan Madya. Untuk tahun ini Pemerintah Kota Pasuruan penghargaan tersebut menjadi meningkat, dari penghargaan Pratama menjadi Madya. Pada pertemuan Forum Anak Nasional 2019 tanggal 19-22 Juli 2019, Pemerintah Kota Pasuruan juga mendapatkan Piagam Penghargaan DAFA AWARD 2019 diberikan kepada Forum Anak Gadingrejo sebagai Kelurahan Terbaik yang diwakili oleh Ika Devy Fitriningtyas siswi dari  SMA Negeri 2 Kota Pasuruan.

08

(2019) Penghargaan Paramesti Tahun 2019

Pemerintah Kota Pasuruan menerima Piagam Penghargaan Paramesti di berikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Bapak Anung Sugihantono kepada Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di Auditorium Siwabessy Gedung Profesor Sujudi Lantai 2, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jalan HR Rasuna Said Blok X-5 Kav 4-9 Jakarta pada hari Kamis tanggal 11 Juli  2019. Piagam Penghargaan Paramesti dianugerahkan kepada Pemerintah Kota Pasuruan karena telah menetapkan Peraturan Walikota Tentang Kawasan Tanpa Rokok, diharapkan dapat segera menetapkan Peraturan Daerah serta implementasinya. Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Pasuruan di dampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dan Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik Kota Pasuruan.  

09

(2019) pENGHARGAAN aDIPURA tAHUN 2019

  1. Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla (JK) menyerahkan Piala Adipuraperiode tahun 2017 sampai tahun 2018 kepada 146 penerima. penghargaan Adipura dan sertifikat di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada hari Senin, 14 Januari 2019. Ada beberapa Kota dan Kabupaten yang menerima Piala Adipura kategori Kota Sedang, salah satunya yakni Pemerintah Kota Pasuruan menerima Piala Adipura ke 9 (sembilan) kali yang diterima oleh Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST.