Kota Pasuruan telah menjadi target sasaran para pelaku tindak kejahatan narkotika tidak perlu diragukan lagi. Sasarannya meluas dari dunia Kampus, Siswa SMA/SMK, Siswa SMP/MTs hingga ke anak-anak sekolah SD/MI dan bahkan telah masuk ke Pondok-Pondok Pesantren dengan berbagai modal dan bentuk.

Narkoba dan zat aditif lainnya membawa dampak yang kompleks, dampak yang dapat dilihat antara lain seperti perubahan sikap, (tidak peduli pada diri sendiri), gejala kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya meningkat, kesehatan terganggu, menurun/hilangnya produktifitas secara drastis.

Berangkat dari hal tersebut diatas, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan pada hari Senin sampai hari Selasa tanggal 11 Februari sampai dengan tanggal 12 Februari 2019 di Di Gedong Woeloe Jalan Soekarno Hatta Kota Pasuruan menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan, Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Pasuruan didampingi Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkompimda, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kota Pasuruan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Kepala Kemenag Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan, Narasumber serta siswa SMP/MTs Se-Kota Pasuruan.

Laporan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si mengatakan tema kegiatan adalah               “Komunitas Siswa Anti Narkotika Kota Pasuruan Siap Melawan Narkoba “. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMP dan MTs Se-Kota Pasuruan dengan jumlah 96 (sembilan puluh enam) peserta. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Wakil Walikota Pasuruan serta Tim Satlak P4GN Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST berpesan kepada siswa-siswi agar melakukan kegiatan dalam bentuk sosialisasi dan diseminasi informasi tentang bahaya narkoba kepada teman-teman di sekolah secara rutin dan berkelanjutan, melalui pendekatan langsung maupun melalui sosial media. Pencegahan penggunaan narkotika merupakan tanggung jawab bersama, karenanya koordinasi dan kerjasama antara semua pihak terkait terus dikembangkan. Serta laporkan kepada pihak yang berwenang (Satnarkoba Polresta, Polsek terdekat atau Tim P4GN) manakala mengetahui di wilayah sekolah atau lingkungan tempat tinggal ada peredaran narkotika.

Oleh karena itu, anggota tim Satlak (P4GN) Kota Pasuruan siap membantu, mendukung dan menfasilitasi setiap upaya pencegahan, penggunaan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika di wilayah Kota Pasuruan sehingga Kota Pasuruan bisa terwujud bersih dan bebas dari jeratan narkotika.

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Satuan Pelaksana (Satlak) P4GN telah berupaya sekuat tenaga untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika melalui sidak dan bekerja sama dengan Satnarkoba Polres Kota Pasuruan, sosialisasi dan koordinasi dengan instansi terkait termasuk aparat penegak hukum dalam rangka menjaga wilayah Kota Pasuruan agar terbebas dari resiko penggunaan dan peredaran gelap narkotika yang sangat membahayakan masa depan bangsa.