Kegiatan pembinaan politik bagi masyarakat ini dimaksudkan agar masyarakat mampu memahami situasi sosial politik yang ada di Kota Pasuruan, pembinaan politik ini lebih diarahkan pada proses demokratisasi serta berani bersikap kritis terhadap situasi kondisi yang ada, mengajarkan mereka mampu mengembangkan semua bakat dan kemampuannya dalam aspek kognitif, wawasan kritis, sikap politik dan keterampilan politik, disamping itu pendidikan politik dimaksudkan pula agar dapat membentuk kepribadian, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, Pemeritah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan pada hari Selasa tanggal 12 Februari 2019 bertempat  Rumah Makan Nikmat Rasa  II Jalan Veteran  Nomor 122 Bugul Lor Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan pembinaan politik bagi masyarakat. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Pasuruan di hadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala  Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan, Kepala OPD terkait, Camat Se-Kota Pasuruan, Narasumber serta para peserta.

“Maksud kegiatan pembinaan politik bagi masyarakat adalah untuk meningkatkan hubungan kelembagaan sosial politik di Kota Pasuruan. Bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta yang dihadiri oleh generasi muda (pemilih pemula) yang ada di wilayah Kota Pasuruan berjumlah 80 orang. Narasumber Wakil Walikota Pasuruan, Kepala Bakesbangpol Kota Pasuruan, Kepala Bidang hubungan antar lembaga Bakesbangpol  Provinsi Jawa Timur serta Ketua KPU Kota Pasuruan“. Ujar Kepala Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si.    .

Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Pasuruan untuk mensukseskan pelaksanaan pembangunan yang telah di canangkan di Kota Pasuruan, karena bagaimanapun juga bahwa proses pembangunan tidak dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan tanpa peran aktif masyarakat.

Seusai sambutan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber.