Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) ke 7 Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 Maret 2019 di Halaman Gedung Sate Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Puncak kegiatan tersebut dilakukan penandatanganan sebanyak 251 prasasti Unit Metrologi Legal oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak Enggartiasto Lukita dan itu memecahkan Rekor Muri Indonesia. Dalam penandatangan tersebut didampaingi Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga serta Gubernur Jawa Barat.

Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo
, ST didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan hadir dalam puncak acara Harkonas tersebut serta berkesempatan mendampingi penandatangan prasasti Unit Metrologi Legal oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

Sambutan Presiden Republik Indonesia dibacakan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak Enggartiasto Lukita menyampaikan kita tidak usah takut kepada produk – produk dari luar negeri., karena produk kita sendiri bisa dipertanggungjawabkan. Disamping itu segala keluhan konsumen harus ditindak lanjuti dengan baik. Tuntutan konsumen mendorong produsen untuk meningkatkan hasil produksi. Dengan ekonomi meningkat maka perlindungan konsumen juga semakin meningkat. Diharapkan konsomen mempunyai kriteria lebih dinamis serta konsumen harus diberdayakan.

Dalam kesempatan ini Menteri Perdagangan Republik Indonesia menyerahkan penghargaan 6 Propinsi terbaik peduli perlindungan konsumen dan memasang rompi kang ujang kepada 5 orang tukang uji timbangan. Dilanjutkan dengan melakukan video teleconfrence kepada 5 Unit Metrologi Legal Kota dan Kabupaten.