Kompetisi gala siswa Indonesia dan olimpiade olahraga siswa nasional merupakan wahana pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga, serta menumbuhkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kedisiplinan, kreativitas, daya juang, jujur, sportif, kompetitif, solidaritas dan bertnggungjawab.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan pada hari Senin tanggal 8 April 2019 menyelenggarakan Gala Siswa Indonesia (GSI) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMP Kota Pasuruan Tahun 2019 di Lapangan Yon Zipur 10 Pasuruan. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Wakil Walikota Pasuruan di hadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Komandan Yon Zipur 10 Pasuruan, Ketua KONI Kota Pasuruan, Ketua PSSI Kota Pasuruan, Bapak/Ibu pengawas SD dan SMP, Bapak/Ibu para Kepala Sekolah SD dan SMP, peserta lomba serta undangan lain.

Menurut  Plt  Kepala  Dinas  Pendidikan  Dan  Kebudayaan Kota Pasuruan Ibu Ir. Siti Zuniati, MM mengatakan tujuan dari Gala Siswa Indonesia (GSI) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) adalah meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang olahraga yang berasaskan pendidikan karakter meliputi integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong, mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga, meningkatkan kesehatan jasmani untuk mengimbangi prestasi akademis, meningkatkan kecintaan dan apresiasi  terhadap bidang olahraga, meningkatkan kecakapan kolaboratif, kooperatif dan kompetitif secara sehat, melatih sportivitas dan tanggung jawab serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antara peserta didik.  Peserta lomba gala siswa Indonesia diikuti oleh 13 sekolah, sedangkan olimpiade olahraga siswa nasional diikuti oleh 29 sekolah.

“ Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang pengembangan pendidikan karakter peserta didik. Peran guru pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes) sangat penting dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Sekolah dapat memfasilitasi siswanya untuk mengembangkan cabang olahraga yang diminati siswa baik dalam pembelajaran di kelas, kegiatan ekstra kurikuler maupun kegiatan lomba. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu awal bagi terbentuknya tunas-tunas bangsa yang berpotensi. “ Ujar Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST.

Seusai sambutan diteruskan dengan Kick Off oleh Wakil Walikota Pasuruan tanda dimulainya pertandingan sepak bola antara Tim SMPN 4 Kota Pasuruan melawan Tim SMPN 8 Kota Pasuruan.

Perlu diketahui, selain gala siswa Indonesia, cabang olahraga yang dilombakan pada olimpiade olahraga siswa nasional adalah atletik, renang, bulutangkis, pencak silat dan karate. Juri/wasit terdiri dari unsur PSSI, FORKI, IPSI dan Guru Penjaskes. Gala siswa Indonesia di laksanakan mulai tanggal 8 April sampai dengan tanggal 13 April 2019, bertempat di lapangan Yon Zipur 10 Pasuruan sedangkan untuk olimpiade olahraga siswa nasional dilaksanakan mulai tanggal 12 April sampai dengan tanggal 16 April 2019 bertempat di GOR Untung Suropati, Stadion Luar Untung Suropati, GOR Darmojoedo dan Kolam Renang Pondok Surya Kencana (PSK).

Pada kegiatan ini akan ditentukan pemenang 1,2 dan 3 yang akan mendapat hadiah dan piagam penghargaan serta pemenang 1 akan mewakili Kota Pasuruan pada lomba tingkat Provinsi Jawa Timur.