Penyerahan berita acara serah terima aset berupa tanah, sarana dan prasarana, sumber daya manusia/personil dan dokumen (P3D) Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur dari Pemerintah Kota Pasuruan kepada Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dilangsungkan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Panglima Sudirman Nomor 28 Purworejo Kota Pasuruan pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2019. Dalam kesempatan ini hadir Wakil Walikota Pasuruan, jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Rektor/Wakil Rektor 1,2,3 beserta jajaran biro Universitas Jember, Kepala Sub Direktorat Penataan Lembaga Direkrorat Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Asisten I, Kepala OPD terkait, Direktur Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan, Sekretaris DRPD Kota Pasuruan, para mahasiswa/mahasiswi Akademi Keperawatan serta undangan lain.

Sebelum sambutan Wakil Walikota Pasuruan di dahului dengan pembacaan naskah berita acara serah terima oleh Direktur Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan Bapak H. Nurul Huda, S.Kep, Ns, S.Psi, M.Si dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima Akademi Keperawatan ke Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Penandatanganan diawali oleh Wakil Walikota Pasuruan selaku pihak I  (Kesatu) diikuti oleh pihak II (Kedua) Kepala Sub Direktorat Penataan Lembaga Direkrorat Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia  disaksikan oleh Rektor Universitas Jember, Sekretaris DPRD Kota Pasuruan dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan. Dilanjutkan dengan penyerahan dokumen P3D dari Wakil Walikota Pasuruan kepada Kepala Sub Direktorat Penataan Lembaga Direkrorat Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dilanjutkan dengan penyerahan pengelolaan dari Kepala Sub Direktorat Penataan Lembaga Direkrorat Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia kepada Rektor Universitas Jember.

  Dengan telah diserahkannya berita acara serah terima dan pengelolaan kepada Universitas Jember, maka para mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan telah menjadi bagian dari Universitas Jember dengan nama mahasiswa D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Pasuruan. Selanjutnya pelepasan jaket almamater Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan oleh Wakil Walikota diikuti serentak seluruh mahasiswa dilanjutkan dengan pemakaian jaket almamater mahasiswa D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Pasuruan oleh Rektor Universitas Jember diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Sambutan selamat datang oleh Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan dengan bergabungnya Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan dan Universitas Jember yang di tandai dengan prosesi serah terima aset, maka Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan akan memasuki sebuah sistem baru pada pelayanan pendidikan dalam masyarakat, yang menuntut pengabdian dan tanggung jawab yang tidaklah ringan, terutama dalam melaksanakan tugas sosial kemanusiaan, kesabaran dan profesionalitas. Tetapi dengan bergabung dengan Universitas Jember para civitas  Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan akan mampu melaksanakan pendidikan dengan baik.

  Lebih lanjut dikatakan, merupakan kewajiban para mahasiswa dan mahasiswi pula untuk terus mengembangkan keilmuannya dan mengasah keahlian sejalan dengan kemajuan iptek di bidang kesehatan dan tuntutan profesionalitas sebagai kunci sukses dalam pelayanan kesehatan, khususnya di era globalisasi yang menuntut persaingan yang kompetitif sehingga mampu bersaing dalam perebutan bursa keperawatan di manca negara dengan perawat dari negara lain, setidaknya dapat memenangkan persaingan di negeri sendiri.

“ Sejarah di torehkan oleh Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan  dan jangan sampai di hapus meskipun kedepannya beralih ke institusi lain. Terima kasih kepada Wakil Walikota Pasuruan dengan jajarannya yang rela melepas asset  Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan. Semoga dengan momentum ini kedepan kami dapat mengelolanya dengan baik dan bisa memfasilitasi untuk mencetak mahasiswa yang unggul. Semoga kedepan berjalan dengan baik dan mandat kami laksanakan dengan baik. Untuk mahasiswa jaga almamater dan kuliah cepat selesai “. Ujar Rektor Universitas Jember Bapak Mohammad Hasan.

“Diharapkan kepada Wakil Walikota Pasuruan, Anggota DPRD Kota Pasuruan untuk dapat memberikan lahan yang lebih luas lagi untuk Universitas Jember karena mahasiswa/mahasiswi ingin melanjutkan studinya. Dengan menerbitkan Surat Keputusan (SK) program studi baru dan program studi diluar kampus utama. Oleh karena itu harus menunggu Surat Keputusan dan jika ingin menerima mahasiswa/mahasiswi baru diharuskan membuat surat permohonan ke Direkrorat Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Kita tunggu Surat Keputusan sampai terbit sehingga dari aspek hukum bisa legal/resmi/sah dan akan tumbuh program-program studi baru”. Ujar Kepala Sub Direktorat Penataan Lembaga Direkrorat Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Ibu Silvi.

Seusai sambutan diteruskan dengan penyerahan cinderamata dari Wakil Walikota Pasuruan kepada  Kepala Sub Direktorat Penataan Lembaga Direkrorat Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Rektor Universitas Jember kepada Wakil Walikota Pasuruan dilanjutkan dengan foto bersama.

Setelah menyelesaikan berbagai rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Universitas Jember Kampus Pasuruan dan penandatanganan oleh Rektor Universitas Jember di dampingi Wakil Walikota Pasuruan dilanjutkan dengan pembukaan selubung Universitas Jember Kampus Pasuruan di tandai dengan sirine oleh Rektor Universitas Jember. Terakhir peninjauan lokasi Universitas Jember  Kampus Pasuruan.