Aktual

PEMBUKAAN PONDOK ROMADHON 1440 HIJRIAH / 2019 MASEHI

Dalam rangka mengisi kegiatan keagamaan di bulan Romadhon 1440 Hijriah/2019 Masehi, maka Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan pada hari Senin tanggal 20 Mei 2019 bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan menyelenggarakan Pembukaan Pondok Romadhon untuk Sekolah Dasar Negeri/Swasta dan Sekolah Menengah Pertama Negeri/Swasta Se-Kota Pasuruan. Pelaksanaan kegiatan Pondok Romadhon adalah kegiatan rutin tiap tahun dalam rangka mengisi liburan bulan suci Romadhon yang mengarah pada kegiatan keagamaan agar anak didik bisa menambah atau meningkatkan derajat iman dan taqwa.

Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan dihadiri  Habib  Hadi La-Idrus, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pasuruan, Sekretaris Kepala Bidang Pengawas Sekolah dan Penilik Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Jajaran ASN di lingkungan Dinas P dan K, Perwakilan dari pengurus pondok pesantren,  Kepala Sekolah SD/SMP dan Guru Agama Islam Negeri/swasta Se-Kota Pasuruan serta undangan lain.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan Ibu Ir. Siti Zuniati, MM mengatakan maksud dari kegiatan pembukaan  pondok Romadhon  adalah  awal rangkaian kegiatan di bulan suci dalam mengisi liburan sekolah setelah melaksanakan ujian akhir dalam rangka untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tujuan diadakan pembukaan Pondok Romadhon agar Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab satuan pendidikan segera melaksanakan kegiatan Pondok Romadhon di sekolah masing-masing serta guru agama sebagai pelaksana kegiatan  Pondok Romadhon dengan berpedoman pada tipe Pondok Romadhon (A,B,C dan D) yang disesuaikan dengan kemampuan/kondisi sekolah masing-masing. Jumlah peserta 150 orang. Untuk selanjutnya siswa selaku peserta Pondok Romadhon sejumlah 600 siswa dari 17 lembaga SMP Negeri/Swasta Se-Kota Pasuruan akan melaksanakan pesantren kilat selama 3 hari 2 malam di Pondok Pesantren Putra Salafiyah Putra dan Pondok Pesantren Putri Pondok Nurul Anwar Pasuruan  yang akan dilaksanakan 2 (dua) gelombang yakni gelombang I tanggal 21 Mei sampai dengan tanggal 23 Mei 2019 sejumlah 351 siswa, gelombang II tanggal 23 Mei sampai dengan tanggal 25 Mei 2019 sejumlah 244 siswa. Bagi siswa/siswi SMP/SD Negeri/Swasta yang tidak mengikut pesantren kilat di Pondok Pesantren  tetap mengikuti Pondok Romadhon yang diselenggarakan di sekolah masing-masing.

Sambutan dan arahan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan siswa/siswi dapat mengerjakan puasa dengan baik sampai akhir bulan Romadhon. Kegiatan ini juga untuk membentuk karakter anak didik kita dan mendapat pelajaran agama yang lebih dalam selama di Pondok Pesantren Salafiyah dan Pondok Pesantren Nurul Anwar Karangketug selama 3 hari.

Lebih lanjut dikatakan, sebanyak 600 anak mengikuti kegiatan ini di lingkungan Pondok Pesantren dan akan menjadi pengalaman baru bagi anak didik sehingga akan meningkatkan kemandirian.  Disamping itu sekolah juga mengadakan kegiatan Pondok Romadhon walaupun 1 (satu) sampai 3 (tiga) hari kegiatannya. Mudah-mudahan Pondok Pesantren Kilat ini bisa berjalan efektif dan memberi warna karakter untuk bekal kehidupan sehari hari.

Seusai sambutan diteruskan dengan ceramah agama oleh Habib  Hadi La-Idrus yang mengatakan saat ini keruskaan akhlaq sudah semakin parah yang dialami anak anak islam. Maka benteng untuk menguatkan iman diantaranya dengan melaksanakan  Pondok Romadhon di Kota Pasuruan. Semoga Pemerintah Kota Pasuruan lebih meningkatkan kegiatan semacam ini sehingga bisa menjadikan anak kita untuk ahli ibadah dan  mengharumkan nama orang tua dan berbakti kepada orang tua. Oleh karena itu, didiklah anak anak kita dengan baik dengan ilmu agama.islam. Semoga anak kita menjadi anak yang kuat iman dan islamnya.