Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke 111 Tahun 2019, Pemerintah Kota Pasuruan menyelenggarakan upacara bendera pada Hari Senin tanggal 20 Mei 2019 di Gelanggang Olahraga (GOR) Untung Surapati Kota Pasuruan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Walikota Pasuruan, tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat dan Lurah Se-Kota Pasuruan, para Rektor, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA sederajat di lingkungan Kota Pasuruan, para guru dan peserta upacara terdiri dari para ASN, TNI/Polri, Mahasiswa/mahasiswi serta para pelajar.

Pidato Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia di bacakan  Inspektur Upacara Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pad akhirnya, pada ujung bulan Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri  puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan  yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita. Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Kebangkitan untuk persatuan.

Lebih lanjut dikatakan, selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke seratus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global. INDONESIA BANGKIT !  INDONESIA BERSATU !.