Wakil Walikota Pasuruan mengukuhkan dan melepas kontingen Kota Pasuruan yakni 199 atlit, 80 pelatih, 43 manajer dan asisten manajer dengan total 320 orang untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VI. Upacara pengukuhan dan pelepasan kontigen tersebut di langsungkan pada hari Senin tanggal 1 Juli  2019 di GOR Untung Suropati. Dalam kesempatan ini hadir Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Ketua dan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pasuruan beserta jajarannya, Ketua organisasi cabang olahraga Se-Kota Pasuruan, para atlet dan para official kontingen serta undangan lain.

Menurut Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pasuruan Bapak Dr. H. Sugeng Pradikto, M.Pd mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VI dimulai pada tanggal 6 Juli sampai dengan 13 Juli 2019 berlangsung di 4 (empat) Kabupaten yakni Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban. Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VI di stadion Surajaya Lamongan dan penutupan di stadion Tuban. Mudah-mudahan para atlit Kota Pasuruan dapat berprestasi lebih baik dan meningkat dibanding dengan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke V di Banyuwangi.

Amanat pembina upacara Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST sekaligus melepas kontingen Kota Pasuruan menyampaikan kedepan apa yang menjadi cita-cita bersama terkait olahraga bisa diwujudkan di Kota Pasuruan. Jaga nama baik Kota Pasuruan, jaga sportifitas, bawa pulang medali sebanyak-banyak dan di pundak para atlet nama Kota Pasuruan akan lebih baik.

Seusai amanat dilanjutkan dengan berjabat tangan antara seluruh kontingen Kota Pasuruan dengan Wakil Walikota Pasuruan dan para undangan yang hadir.

Sebelumnya di dahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Patriot dan pembacaan tekad kontingen diikuti oleh seluruh atlet.