Aktual

GEBYAR PERINGATAN HARI LANJUT USIA NASIONAL (HLUN) KE 23 KOTA PASURUAN

Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia  Nasional (HLUN) ke 23 Tahun 2019, maka Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Kesehatan Kota Pasuruan menyelenggarakan gebyar kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional pada hari Kamis tanggal 18 Juli 2019 di GOR Untung Suropati Jalan Sultan Agung Purutrejo Kota Pasuruan dengan rangkaian kegiatan yakni senam sehat bugar lansia, seminar kesehatan massal dan pemeriksaan kesehatan panel. Dengan jumlah peserta sebanyak 560 orang terdiri dari 50 orang undangan dari Pemerintah Kota Pasuruan dan 510 masyarakat pra lanjut usia dan lanjut usia. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Wakil Walikota Pasuruan di hadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten bidang administrasi umum dan kesejahteraan rakyat, Narasumber dari DPW Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Jawa Timur, Kepala OPD terkait, Camat dan Lurah Se-Kota Pasuruan, Kepala Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kota Pasurua, ibu-ibu lansia dan pra lansia serta undangan lain.

Menurut Plt. Kepala  Dinas Kesehatan Kota Pasuruan Ibu dr. Shierly Marlena mengatakan tujuan memperingati Hari Lanjut Usia  Nasional (HLUN) Tahun 2019 adalah untuk meningkatkan akses serta kualitas layanan kesehatan bagi  lanjut usia dan pra lanjut usia guna meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia untuk mencapai lanjut usia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan berdayaguna bagi keluarga dan masyarakat. Adapun tema dan subtema Hari Lanjut Usia  Nasional (HLUN) ke 23 Tahun 2019 adalah “Lansia mandiri, sejahtera, dan bermartabat” Dan “Lansia sehat dan berdaya, keluarga bahagia untuk lansia sehat, mandiri, aktif, dan produktif”. Tema ini sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan.

Sambutan dan arahan Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan upaya kongkrit Pemerintah Kota Pasuruan dalam memberdayakan lanjut usia guna menciptakan lansia sehat, mandiri, aktif, dan produktif telah dilakukan di berbagai bidang. Salah satunya bidang kesehatan, melalui Puskesmas santun lanjut usia, Posyandu lanjut usia dan program-program pemeriksaan kesehatan bagi lanjut usia dan lain sebagainya. Oleh karena itu diharapkan adanya program-program yang pro dengan pemberdayaan kesehatan lanjut usia lainnya untuk lebih dioptimalkan dan ditingkatkan lagi kualitasnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota Pasuruan menyampaikan selamat Hari Lanjut Usia  Nasional (HLUN) Ke 23 Tahun 2019 dan teriring harapan semoga akan menjadi suplemen dan semangat bagi seluruh lanjut usia untuk ikut berkiprah dalam pembangunan, sekaligus  menjadi sesuluh serta motivasi bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam pembangunan.