Aktual

Pemerintah Kota Pasuruan Menerima Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten / Kota Sehat 2019

Sebanyak 4 orang yang terdiri dari 2 orang dari Pusat dan 2 orang dari Provinsi Jawa Timur yang tergabung dalam Tim Verifikasi diterima oleh Wakil Walikota Pasuruan di Ruang Rapat Untung Suropati Sekretariat Daerah Kota Pasuruan pada hari Rabu Malam tanggal 4 September 2019. Dalam kesempatan ini hadir Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat,Lurah, Ketua Tim Pembina  Forum Kota Sehat, Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat,, Ketua Forum Komunikasi Kota Sehat beserta pengurus, pegiat anti narkoba, pengusaha, pemerhati, tokoh masyarakat serta undangan lain. Kedatangan Tim Verifikasi di Kota Pasuruan dalam rangka verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat di Kota Pasuruan.  

Sambutan selamat datang Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mendukung program kota sehat, dengan semangat terus dan pantang mundur, kami juga mengapresiasi kepada forum komunikasi kota sehat (FKKS) Kota Pasuruan, forum komunikasi kecamatan sehat, dan satuan tugas (satgas) kelurahan sehat sebagai garda depan yang tanpa lelah dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan secara rutin dan berkala telah berupaya melakukan sosialisasi, pembinaan dan pelatihan di semua titik pantau dan lingkungan sekitarnya, sehingga Kota Pasuruan bisa lolos dan dikunjungi oleh tim pusat untuk diverifikasi lapangan, dan kepada tim verifikasi, silakan melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

Wakil Walikota Pasuruan yakin, dengan kedatangan tim verifikasi lapangan di Kota Pasuruan akan mengedepankan objektifitas, dan kepada perangkat daerah terkait selaku pembina teknis titik pantau untuk mendampingi  tim verifikasi, sehingga akan diketahui kelemahan dan kelebihan dari masing-masing titik pantau yang menjadi tanggung jawabnya. tentunya setelah verifikasi lapangan ini diharapkan ada feed back atau masukan mana-mana yang menjadi titik lemah, mana yang kurang dan mana yang perlu ditambah atau dibenahi, sehingga ke depan akan mudah mengevaluasi atas kekurangan dan kelemahannya untuk pembenahan lebih lanjut.

Sambutan Ketua Tim Verifikasi Lapangan Ibu Diana Nurhayati mengatakan penyelenggaraan penilaian Kota Sehat dimulai pada tahun 2005 dan sudah ada payung hukumnya antara Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tujuan diselenggarakan penilaian Kabupaten/Kota Sehat untuk tercapainya kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk di huni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta Pemerintah Daerah. Tercapainya kondisi Kabupaten/Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

Lebih lanjut di katakan, pada Tahun 2019 ini ada 202 Kabupaten/Kota di 29 Provinsi masuk penilaian Kota Sehat, ini mengalami peningkatan secara signifikan di banding Tahun 2017. Verifikasi kota sehat dilaksanakan 2 tahun sekali. Kota Pasuruan mengusulkan penghargaan Swasti Saba Wistara yaitu penghargaan tertinggi dalam penilaian Kota Sehat. Oleh karena itu, kami akan laporkan ke pembina pusat yang berjumlah 85 orang selanjutnya untuk diplenokan.  

Seusai sambutan di lanjutkan dengan pemaparan Kota Pasuruan Menuju Kota Sehat Wistara oleh Ibu Dr.  Dies Nurhayati (Ketua Forum Komunikasi Kota Sehat) Kota Pasuruan antara lain sekilas tentang Kota Pasuruan, Kota Pasuruan Sehat sebuah proses berkelanjutan, kelembagaan Kota Sehat, kunci sukses Kota Pasuruan Sehat, 6 tatanan, 18 Kelurahan bisa ODF dan upaya yang dilakukan untuk Kota Pasuruan dan stakeholder serta lintas sektoral. 

Perlu diketahui, Tim Verifikasi Lapangan berkunjung di Kota Pasuruan selama 2 (dua) hari mulai hari Rabu sampai dengan hari Kamis tanggal 4 September sampai dengan 5 September 2019.  Pada hari kamis tanggal 5 September 2019 Tim Penilai Verifikasi Lapangan terbagi 2 tim yaitu Tim I berkunjung dan menilai tempat-tempat antara lain KTL Jalan Pahlawan Kelurahan Pekuncen, PAUD KBIT “Bina Insan Cendekia” Kelurahan Tembokrejo, Kopwan “Dewi Sinta” Kelurahan Bakalan, CFD Jalan Sultan Agung Kelurahan Purutrejo, Kelurahan Siaga “ Patriot “ Kelurahan Pekuncen, Bank Sampah “ Global Berseri “ Kelurahan Pekuncen, BP- SAB “ Tirto Mulyo “ Kelurahan Pekuncen, CV Aida Kelurahan Petahunan dan Parkir Wisata Kelurahan Kandangsapi.

Sedangkan Tim II berkunjung dan menilai tempat-tempat antara lain  SMPN 4 Kelurahan Kebonagung, Paguyuban ODGJ Puskesmas Gadingrejo, Angel Heaven Kelurahan Kebonagung, KRPL “ APBD I “ Kelurahan Purworejo, SDN Bangilan Kelurahan Bangilan, Klinik “Pink”  Puskesmas Bugul Kidul, KUBE “ Jaya Mukti “ Kelurahan Purutrejo dan DPMPTSP Kelurahan Pekuncen.