Sebanyak 80 orang  yang terdiri dari Anggota Legislatif yang ada di DPRD Kota Pasuruan dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait mengikuti kegiatan pembinaan demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) yang diselenggrakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan selama 3 (tiga) hari yakni pada hari Rabu sampai dengan hari Jum’at tanggal 25 September sampai dengan tanggal 27 September 2019 di Hotel Purnama Jalan Raya Selecta Nomor 1 – 15 Desa Punten Kecamatan Batu Kota Batu. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Pasuruan di hadiri Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Narasumber, Instruktur, Peserta serta undangan lain.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si mengatakan maksud kegiatan ini untuk meningkatkan penguasaan penerapan tentang budaya demokrasi dan penghormatan atas hak asasi manusia (HAM) kepada anggota DPRD Kota Pasuruan dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Sedangkan tujuannya agar peserta memahami arti demokrasi dan hak asasi manusia serta mempersiapkan peserta bekerjasama dalam berdemokrasi dan hak asasi manusia secara harmonis dan sinergitas antara anggota DPRD dengan Kepala OPD selaku unsur Pemerintah Kota Pasuruan. Narasumber Plt. Walikota Pasuruan dan Instruktur/Tim Outbond.

Sambutan dan arahan Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno   Prasetyo, ST mengatakan kegiatan ini diarahkan untuk mewujudkan dan memelihara stabilitas Kota Pasuruan agar selalu dinamis. Namun tetap dalam situasi yang kondusif dengan mengutamakan upaya peningkatan kualitas demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) terutama bagi kalangan anggota legislatif yang baru menduduki kursi di DPRD Kota Pasuruan. Kegiatan ini juga untuk sinergitas dan peningkatan pemahaman para anggota DPRD dan Kepala OPD terhadap nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) dalam hal ini kegiatannya berupa outbond, agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi dan HAM tersebut secara tepat dan benar sehingga kehidupan demokrasi dan penghargaan terhadap HAM di masa yang akan datang dapat ditingkatkan kualitasnya.

Dalam kesempatan ini, Plt Walikota Pasuruan berharap semoga melalui pelatihan ini dapat meningkatkan stabilitas wilayah Kota Pasuruan yang disertai dengan suasana kehidupan harmonis, selaras dan seimbang yang dilandasi dengan nilai-nilai demokrasi Pancasila.