Inspiring City Pasuruan. Penyelenggaraan Launching dan Delivery Laboratorium Inovasi oleh Lembaga Administrasi Negara merupakan kelanjutan dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kota Pasuruan dengan Lembaga Administrasi Negara nomor : 130.1/36/423.013/2018 dan nomor : 39/K.1/HKM.03.1 tentang Penguatan Kapasitas Pemerintah Kota Pasuruan Melalui Penyelenggaraan Kegiatan Kajian  Kebijakan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi, Inovasi Administrasi Negara serta Pendidikan Tinggi dan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kota Pasuruan dengan Pusat Laboratorium Inovasi Pelayanan Publik Lembaga Administrasi Negara nomor : 130.1/37/423.013/2018 dan nomor : 24/D.3.2/HKM.03.2  tentang Laboratorium Inovasi Kota Pasuruan pada tanggal 13 Juli 2018 di Jakarta. Kegiatan Laboratorium Inovasi ini akan dilaksanakan dalam 5 (Lima) tahap yang dikenal sebagai 5 D antara lain, Tahap Drum Up dan Sosialisasi Laboratorium Inovasi (Memotivasi dan Menumbuhkan Semangat Berinovasi); Tahap Diagnose (Mengidentifikasi Permasalahan dan Menemukan Solusi Sederhana di Perangkat Daerah atau Memunculkan Ide/Gagasan Inovasi); Tahap Desain (Menyusun Rencana Aksi Inovasi); Tahap Delivery (Launching/Peluncuran Pelaksanaan Inovasi dan Monitoring; serta Tahap Display (Memamerkan Hasi Inovasi kepada Masyarakat Luas atau Promosi Inovasi).

Oleh karena itu Pemerintah Kota Pasuruan melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan menyelenggarakan Launching  Dan Delivery Laboratorium Inovasi di Ruang Pertemuan Rumah Makan Kebonpring Kota Pasuruan selama 2 (dua) hari mulai hari Selasa sampai dengan hari Rabu tanggal 17 Desember sampai dengan tanggal 18 Desember 2019. Kegiatan tersebut di buka secara resmi oleh Plt. Walikota Pasuruan di hadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten, Kepala Perangkat Daerah Dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat Dan Lurah Dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Narasumber Dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Ibu Dra. Isti Heri Ani, M.B.A dan peserta sosialisasi.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan Bapak Kokoh Arie Hidayat SE, S.Sos, MM mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah  agar penyelenggara Unit Pelayanan Publik selain mengerti, memahami dan mampu melaksanakan pelayanan dengan baik berdasarkan kaidah – kaidah yang benar juga mampu menuangkan kreatifitasnya melalui inovasi yang diciptakan agar masyarakat lebih tertarik dan lebih puas dalam menerima pelayanan. Selain itu sebagai tonggak dimulainya peran aktif Pemerintah Daerah untuk menciptakan inovasi yang pada ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan. Peserta Laboratorium Inovasi Kota Pasuruan  adalah Kepala Perangkat Daerah se Kota Pasuruan sejumlah 41 orang, Pejabat eselon II dan IV pada perangkat Daerah sejumlah 41 orang dan Lurah Se-Kota Pasuruan sejumlah 34 orang.

Dalam kesempatan ini, Plt. Walikota  Pasuruan   Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST berharap kepada pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan untuk terus menciptakan inovasi dengan improve. Kedepan tugas harus ada reward dan punishment serta terus menciptakan inovasi yang sifatnya mengena untuk pelayanan masyarakat. Ayo kita pikirkan bersama-sama dan memberi masukkan terkait inovasi. Mari bergandengan dan bersinergitas untuk menciptakan pelayanan super prima kepada masyarakat sehingga kedepan apa yang menjadi inovasi bisa membekas dan bermanfaat kepada masyarakat.

Sebelum sambutan didahului dengan penandatanganan perjanjian kinerja inovasi oleh Plt. Walikota Pasuruan didampingi Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan dengan Perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dilanjutkan dengan penyerahan hadiah oleh Plt. Walikota Pasuruan kepada UPT Puskesmas Gadingrejo Kota Pasuruan sebagai TOP 45 kompetisi inovasi pelayanan publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 untuk kategori kesehatan.

Seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi oleh narasumber.