Aktual

PUNCAK PERINGATAN HARI JADI KOTA PASURUAN KE 334 TAHUN 2020

Inspiring City Pasuruan. Prosesi Puncak Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan ke 334 yang diselenggarakan pada hari Sabtu siang tanggal 8 Februari Tahun 2020 ini dikemas sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, ditandai dengan Kirab dari beberapa kelompok meliputi pasukan utama titik kumpul di Kantor Walikota Pasuruan serta pasukan penyambutan titik kumpul di Dinas Pariwisata, Pemuda Dan  Olahraga Kota Pasuruan.

Dalam kirab tersebut, Plt. Walikota Pasuruan beserta Ibu, Ketua DPRD Kota Pasuruan beserta Ibu, Wakil Ketua dan Anggota DPRD beserta Ibu, Jajaran Forkopimda beserta Ibu, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan beserta Ibu menaiki andong dengan hiasan bunga/kembang dari Kantor Pemerintah Kota Pasuruan menuju GOR Untung Suropati Kota Pasuruan yang disaksikan oleh ribuan warga Kota Pasuruan mulai dari orang tua, remaja serta siswa-siswi sekolah. Naik andong  dimaksudkan agar semua pejabat di Kota Pasuruan lebih dekat dan lebih guyup dengan masyarakatnya. Iring-iringan andong juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat Kota Pasuruan. Plt. Walikota  Pasuruan  Bapak  Raharto  Teno Prasetyo, ST beserta Ibu  dengan ramah melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyapa disepanjang jalan Pahlawan menuju GOR Untung Suropati Kota Pasuruan  yang menjadi lokasi puncak prosesi Hari Jadi Kota Pasuruanke 334 Tahun 2020.

Sejumlah kegiatan pembuka seperti atraksi drum band-drum band  dari SD sejumlah 658 siswa-siwsi, Tarian Terbang Bandung sebanyak 250 dari pelajar SD dan SMP, serta pencak silat turut juga memeriahkan Puncak Kegiatan Hari Jadi Kota Pasuruan Ke 334.

Dengan mengenakan busana adat, para pejabat lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan kemudian mengikuti prosesi Hari Jadi Kota Pasuruan dengan khidmat. Mulai dari pembacaan sinopsis Hari Jadi Kota Pasuruan dan Pembacaan Pataka  Kota Pasuruan. Adapun tema Hari Jadi Kota Pasuruan ke 334 Tahun 2020 yaitu Kota Pasuruan Guyub Rukun, Kota Pasuruan Damai, Maju, Berdaya Saing Dan Sejahtera.

Dalam sambutannya, Plt.  Walikota Pasuruan  Bapak  Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan pada hari ini tanggal 8 Februari 2020, Kita memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan yang ke 334 bersama dengan seluruh lapisan masyarakat dengan salah satu kegiatannya adalah kirab pataka. Kirab pataka ini di maksudkan menjadi potret untuk mengenang perjuangan dari Adipati Untung Suropati dalam mempertahankan Kota Pasuruan melawan penjajahan  belanda. Pataka adalah merupakan  surat perintah yang di jadikan tonggak sejarah berdirinya Kota Pasuruan, dengan adanya kirab pataka ini maka masyarakat dapat melihat dan mengetahui tentang sejarah berdirinya Kota Pasuruan. Dengan momentum Hari Jadi ke-334 tahun 2020 ini diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan para pelaku usaha kepariwisataan yang ada di Kota Pasuruan, sehingga kedepan akan membangun animo yang positif dan menggerakkan wisatawan hadir dikota pasuruan. Semoga dengan peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan yang ke-334 ini akan menjadi momentum dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan bagi masyarakat Kota Pasuruan.

          Seusai pelaksanaan Prosesi Hari Jadi Kota Pasuruan ke 334 Tahun 2020 dilanjutkan dengan pelepasan burung ke udara serta pemotongan 5 (lima) tumpeng agung secara simbolis oleh Plt. Walikota Pasuruan didampingi Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah serta jajaran Forkopimda. Perlu diketahui, seperti tahun-tahun sebelumnya dalam memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan, Pemerintah Kota Pasuruan menyediakan sejumlah rombong makanan dan minuman untuk makan bersama bagi masyarakat secara gratis.