Inspiring City Pasuruan. Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan ke 334, Pemerintah Kota Pasuruan pada hari Rabu malam tanggal 26 Februari 2020 di GOR Untung Suropati Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan dengan nama Kota Pasuruan Bermunajat, Istighotsah Dan Bersholawat demi menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan tersebut setiap tahun diselenggarakan dan merupakan agenda rutin Pemerintah Kota Pasuruan. Hadir dalam kesempatan ini Plt. Walikota Pasuruan, Ketua/Wakil Ketua beserta Anggota DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Asisten, Habib Idrus, Kepala OPD, Camat, Lurah, Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Ketua PCNU Kota Pasuruan, Ketua Muhammadiyah Kota Pasuruan, Ketua FKUB Kota Pasuruan, para ulama, masayid, tokoh agama, habaib, masyarakat umum serta ibu-ibu pengajian.

          Dalam kesempatan ini Plt. Walikota Pasuruan  Bapak  Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan diadakannya kegiatan Kota Pasuruan Bermunajat, Istighotsah Dan Bersholawat adalah demi menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sekaligus sebagai pelepas dahaga dan ikhtiar bagi kita semua di tengah maraknya polarisasi umat dan infiltrasi ideologi seperti paham radikalisme yang mengagungkan kebenaran tunggal, ekstrimisme dan terorisme yang merusak sendi-sendi negara. Oleh karenanya, momentum acara ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang berintegrasi dengan keagamaan dan juga spirit nasionalisme yang terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang berbasis dengan paham kebangsaan.

Lebih lanjut dikatakan, momen ini juga harus dipakai sebagai revitalisasi etos waktu dan spiritualisme yang senantiasa memuat pesan-pesan kebaikan di tengah dunia global saat ini. Sesuai dengan tema acara pada malam hari ini ’’Kota Pasuruan Bermunajat, Istighosah Dan Bersholawat Demi Menjaga Keutuhan NKRI”dimana tersimpan pesan-pesan tersirat di dalamnya yakni komitmen kebangsaan yang tinggi bersendikan Pancasila dan UUD 1945.  Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa dan jiwa kita semua yang harus kita hayati, amalkan, dan menjadi ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Plt. Walikota Pasuruan mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Pasuruan untuk berdoa bersama yang ditujukan demi keutuhan, keamanan dan keselamatan Bangsa Indonesia, sebagaimana ALLAH SWT mewajibkan kita sebagai umat yang beriman untuk senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Tak lupa Pemerintah Kota Pasuruan juga berterimakasih kepada TNI untuk selalu siaga menjaga kedaulatan bangsa dan negara kita. Pemerintah Kota Pasuruan juga berterimakasih kepada Polri karena selalu menjaga rasa aman untuk masyarakat serta menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah Kota Pasuruan dengan baik.  Kedepan TNI dan Polri harus terus diperkuat, sebab tantangan kedepan sangatlah kompleks dan perubahan sangatlah cepat. Tantangan pertahanan dan keamanan yang dihadapi tidak lagi menjadi paradigma sebagian wilayah melainkan paradigma bersama. untuk itu Pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat harus saling bersatu, bersinergi serta berkomitmen guna menjaga kondusifitas ini, sebab NKRI adalah harga mati.

Diakhir sambutan, Plt. Walikota Pasuruan menyampaikan kepada semuanya untuk mengikuti kegiatan Kota Pasuruan Bermunajat, Istighosah Dan Bersholawat ini dengan tertib, damai, saling menghormati serta menjunjung tinggi rasa cinta tanah air. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dan memberikan petunjuk dalam setiap langkah yang kita lakukan.

          Seusai sambutan diteruskan dengan ceramaha agama oleh Habib Idrus.