Inspiring City Pasuruan. Plt. Walikota Pasuruan melaksanakan prosesi
peletakan batu pertama pembangunan Masjid NUR ASWAJA yang berlokasi di Jalan Rajawali Nomor 1 Tembokrejo IKIP Kota Pasuruan pada hari Selasa tanggal 4 Agustus 2020. Dalam kesempatan ini hadir Ketua dan Sekretaris MUI Kota Pasuruan, Ketua MUI Kabupaten Pasuruan,Rois Syuriah PCNU Kota Pasuruan, Ketua Tanfidiyah PCNU Kota Pasuruan, Ketua PCNU Kota Pasuruan, Ketua LBMNU Kota Pasuruan, Perwakilan dari Nadzir dan Takmir Masjid Al Muttaqin, Perwakilan dari pembina yayasan NUR ASWAJA Kota Pasuruan, Ketua LPBH NU, Ketua LTM NU, Ketua lembaga Waqaf, Lembaga Falaq NU serta undangan lain. Menurut Ketua Panitia pembangunan Masjid NUR ASWAJA Bapak H. Achmad Fauzan menyampaikan kami sudah lama berharap ada pembangunan masjid di wilayah kami mulai tahun 1990. Atas dukungan berbagai pihak yang membesarkan semangat kami sehingga pada hari ini terwujud peletakan batu pertama Masjid NUR ASWAJA. Mohon doa restu sehingga program-program kami susun bisa lancar dan pembangunan masjid tidak ada kendala.

Sambutan Ketua PCNU Kota Pasuruan Bapak H. Mohammad Nailurrohman
(Gus Amak) menyampaikan mudah-mudahan dengan berdirinya Masjid NUR ASWAJA betul-betul menjadi pusat peribadatan dan peradaban sehingga bisa menjadi pemersatu dan mendamaikan bukan perpecahan karena dibangun dengan niat yang baik. Waqaf yang pasti merupakan sebuah simbol Islam Ahli Sunnah Wal Jamaah. Niat NU jelas tidak merusak kesatuan dan persatuan karena falsafah negara Republik Indonesia kita patuhi. Mudah-mudahan dengan akan dibangunnya Masjid NUR ASWAJA menjadi cahaya di Wilayah Tembokrejo dan menjadi sebuah pencerahan. Dengan akan dibangunnya Masjid NUR ASWAJA, diharapkan untuk membuat  gerakan Infaq di Kecamatan Purworejo karena masyarakat bisa tergerak. Ketika ada niat baik pasti ada  jalan.Dalam kesempatan ini, Plt. Walikota Pasuruan  Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan  Masjid
memiliki peran dan fungsi yang cukup penting, dimana selain sebagai tempat beribadah bagi umat Islam, Masjid juga merupakan sarana bagi syiar agama dan pembelajaran pendidikan serta memiliki fungsi ekonomi dan sosial di tengah-tengah masyarakat. Apresiasi setinggi-tingginya kepada pembina, ketua dan pengurus yayasan NUR ASWAJA Kota Pasuruan serta para pihak-pihak yang membantu dan mendukung pelaksanaan pembangunan Masjid NUR ASWAJA ini. Semoga pembangunan Masjid tidak berhenti disini sehingga bisa menjadi pioner pembangunan di Masjid-Masjid Lain. Seusai sambutan diteruskan dengan prosesi peletakan batu pertama oleh Plt. Walikota Pasuruan, Ketua MUI Kota Pasuruan, Rois Syuriah PCNU Kota Pasuruan,  Ketua Tanfidiyah PCNU Kota Pasuruan, Ketua PCNU Kota Pasuruan serta undangan yang hadir.