Aktual

Webinar APEKSI, Pemanfaatan Teknologi AI Computer Vision Guna Menunjang Implementasi Protokol Kesehatan Covid-19

Inspiring City Pasuruan.Hari Kamis tanggal  08 Oktober 2020, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengadakan webinar dengan tema Pemanfaatan Teknologi AI Computer Vision Guna Menunjang Implementasi Protokol Kesehatan Covid-19. Webinar tersebut terdiri dari 4 Narasumber yakni Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. Emil Elistiano Dardak, Perwakilan BNPB, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania, CBO PT. Nodeflux Teknologi Indonesia dan President Of Cloud and AI Busines Group Huawei Indonesia Zhang Ze Jason dan Kepala Bapelitbangda Manado Dr. Liny Tambajong.

Kegiatan tersebut diikuti 98 Pementah Kota di seluruh Indonesia anggota Apeksi, media dan umum. Di Kota Pasuruan, agenda webinar tersebut dihadiri oleh Plt. Asisten Pemerintahan, dan Perangkat Daerah Terkait. Mereka mengikuti webinar yang disampaikan Narasumber di ruangan media command centerPemerintah Kota Pasuruan.

Wakil Gubernur Jawa timur pada kesempatan ini menjelaskan tentang upaya perilaku perubahan pada Covid-19 di Jawa Timur dengan memanfaatkan Teknologi. Serta mengapresiasi Apeksi karena terus bisa menggali potensi-potensi mendorong pemanfaatan teknologi untuk mewujudkan smart city.

Dilanjutkan pemaparan dari BNPB yang menjelaskan tentang Penanganan Covid-19. Kemudian dilanjutkan dari Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta yang menjelaskan tentang Testing, Tracing, Treatment, Face Mask Detection.

CBO PT. Nodeflux Teknologi Indonesia dan President Of Cloud memaparkan tentang digital economy, dan tentang strategi Indonesia untuk kecerdasan buatan 2020-2025 yang menjadi prioritas adalah healthcare, bureaucratic reform, education & research, food security and mobile/smart city.

Selanjutnya Pemaparan dari Kepala Bapelitbangda Manado Dr. Liny Tambajong yang mengenalkan secara singkat profil Kota Manado serta bagaimana inisiatif yang telah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, misalnya program smart city dalam penanganan Covid-19, bagaimana cara Pemerintah Manado dapat memberikan respon cepat dalam menanggulangi wabah covid-19 dan yang terakhir menjelaskan bagaimana upaya Pemerintah Manado melibatkan teknologi dalam upaya memberikan transparansi dan respon cepat untuk penanggulangan Covid-19.