Inspiring City Pasuruan. Pembekalan analisa dan  deteksi  wilayah  merupakan kegiatan bagian mewujudkan cegah dini sekaligus bagian dari kewaspadaan nasional, dimana pada hakekatnya adalah kesadaran dan kesiagaan bangsa untuk melihat dengan cermat  masalah – masalah yang dihadapi, baik dalam bentuk kerawanan atau dalam bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan   sehingga dapat mengambil sikap dan tindakan untuk memperoleh dan mengelola  informasi menjadi suatu masukan bagi pimpinan dalam mengambil   keputusan yang benar dan komperehensif. Dinamika kehidupan masyarakat yang semakin beragam, pesatnya medsos menuntut Pemerintah Daerah memiliki  kesiapan dan kopetensi, serta aparatur berintegritas mewadahi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat, selain itu Pemerintah memikili kewajiban dalam melaksanakan penegakan hukum di wilayah kerja masing-masing sehingga terciptanya kondisi masyarakat yang kondusif, tata kelola Pemerintah yang memiliki kwalitas prima akan dapat memberikan kenyamanan dan kepastian pelayanan terhadap masyarakat.

Oleh karena itu, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Stabilitas Wilayah   (Pembekalan Analisa Dan Deteksi   Wilayah)  selama 2 (dua) hari yakni hari Rabu sampai dengan hari kamis tanggal 11 November sampai 12 November 2020 di Ruang Rapat Rumah Makan Gedoeng Woloe Jalan Sukarno Hatta Nomor 58 Kota  Pasuruan. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan dihadiri Kasdim 0819  Pasuruan, perwakilan Polres Pasuruan Kota,  perwakilan  Yon Zipur 10/Jp Kostrad Pasuruan, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah, Camat Se Kota Pasuruan, Para Narasumber dan Peserta Kegiatan.  

Menurut Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan Bapak Imam Subekti, S.Sos, MM mengatakan maksud dan tujuan kegiatan  ini  adalah  untuk meningkatkan koordinasi, komunikasi  dan mengasah kemampuan  untuk mempertajam analisa dalam  mengolah informasi  serta  deteksi di wilayah. Peserta terdiri dari Kasi Pemerintahan Kelurahan dan Kecamatan Se-Kota Pasuruan, RT dan RW Se- Kota Pasuruan, Staf Intel Polres Pasuruan Kota, Staf Intel Kodim 0819 Pasuruan, Staf Intel Yon Zipur 10/Jp Kostrad Pasuruan dan Staf Intel Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan dan elemen  masyarakat  Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini, Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan Bapak Kokoh Arie Hidayat, SE, S.Sos, MM berpesan marilah kita ciptakan  situasi dan kondisi yang kondusif. Optimalkan sinergitas untuk mewujudkan sistem lapor cepat tentang perkembangan situasi daerah masing – masing agar dapat dilakukan upaya antisipasi secara benar cepat dan tepat. Sikap apatis masyarakat harus dihilangkan. Tanpa bantuan masyarakat, Pemerintah Kota Pasuruan tidak bisa apa-apa. Siapapun pemimpin kita, pasti punya niat baik. Tidak ada konflik dimasyarakat sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi oleh narasumber.