Aktual

Pemkot Pasuruan Pastikan Perayaan Natal di Kota Pasuruan Tetap Bisa Dilaksanakan Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Pasuruan Inspiring City.Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini bakal dirayakan dalam situasi pandemi Covid-19. Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan memastikan perayaan Hari Natal tetap bisa dilaksanakan di gereja-gereja, namun tetap wajib mematuhi protokol kesehatan.Hal ini diungkapkan dalam rapat Forkopimda Kota Pasuruan pada Senin (21/12/2020) di Ruang Pertemuan Rumah Makan Tengger Pasuruan.  Rapat ini digelar dalam rangka mencari rumusan untuk menjaga kondusifitas selama Nataru dan mencegah adanya klasterNataru.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Pasuruan, Bapak RahartoTeno Prasetyo serta dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan; Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman; Dandim 0819 Pasuruan LetkolArh Burhan Fajari Arfian.Sejumlah hal substansi dibahas dalam rapat kali ini.

Pertama terkait perayaan Natal. Bapak Teno memastikan perayaan Hari Natal di Kota Pasuruan tetap boleh untuk dilaksanakan namun tetap dengan penerapan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Kedua ialah pengamanan gereja. Bersama dengan pihak kepolisian dan TNI, rapat kali ini membahas bagaimana skema pengamanan di gereja-gereja dan fasilitas umum lainnya agar perayaan Natal tetap berlangsung kondusif.

Ketiga penanganan dan pengaturan arus lalu lintas. Bapak Teno berharap pengaturan lalu lintas khususnya di jalan-jalan protokol di tempat-tempat yang rawan terjadi kerumunan massa.”Kita kan masih punya pos pengamanan pintu masuk. Bisa difungsikan untuk antisipasi lonjakan pendatang dari luar yang masuk ke Kota Pasuruan,” terang  beliau.

Keempat, adalah imbauan guna mencegah penyebaran Covid-19. Untuk hal ini, nantinya Wali Kota Pasuruan bakal mencantumkannya dalam Surat Edaran Wali Kota yang berisi imbauan tentang apa yang dilarang dan apa yang diperbolehkan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Terakhir adalah potensi penularan virus corona di perayaan Natal dan tahun baru. Mengingat cuacanya saat ini musim hujan dan sangat ekstrim. Kita berharap Kota Pasuruan bisa menekan angka penyebaran Covid-19,” kata Bapak Teno. (fit)