Aktual

Lantik Pengurus TP. PKK Kota Pasuruan, Gus Ipul Berharap PKK Bisa Membantu Mengukir Prestasi Untuk Pembangunan Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah. Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraaan Keluarga (TP PKK)Kota, Kecamatan dan Kelurahan se- Kota Pasuruan telah resmi dilantik. Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Pasuruan Drs. Saifullah Yusuf  (Gus Ipul) dan Ketua TP. PKK Kota Pasuruan Dra. Fatma Saifullah Yusuf.

“Dengan ini saya resmi melantik pengurus Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan,” ujar Gus Ipul saat pelantikan di Gedung Gradika pada Rabu (09/09/21).

Dalam sambutannya, Gus Ipul berharap bahwa PKK kedepannya tidak hanya terlibat dalam kegiatan-kegitaan OPD untuk mensejahterakan masyarakat. Namun juga dapat membantu mengukir prestasi untuk pembangunan Kota Pasuruan.

Lebih lanjut Gus Ipul menceritakan tentang kampung tempe di rekesan yang berada di Kelurahan Pekuncen. Dimana dulu disana terkenal kampung tempe, akan tetapi sekarang hanya tinggal empat keluarga saja.

“Kita Bisa jadikan ini sebagai local champion. Kita Bisa adakan festival tempe misalnya, saya yakin jika ibu-ibu PKK ini sudah bergerak, maka tidak ada kata mustahil untuk membangkitakan lagi tempe rekesan,”kata Gus Ipul

Gus Ipul juga meminta PKK untuk mengukir prestasi, hadirkan local champion-local champion di Keluarahan-Kelurahan masing-masing.

“Mari kita bikin local champion. Setiap Kelurahan harus punya ikon. Ayo kita bikin di kelurahan-kelurahan, “ ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pasuruan Fatma Saifullah Yusuf mengatakan Pelantikan kali ini sengaja di jadikan satu. Hal ini dimaksudkan untuk efisiensiwaktudansemakinmempererat jalinan talisilaturahmi antara tim penggerak pkk kota,kecamatan dan kelurahan.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Walikota Pasuruan beserta seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkenan hadir dan yang selama ini selalu mensupport kegiatan PKK di Kota Pasuruan.

“Tentu kami berharap kedepan bapak Wali Kota akan semakin mendukung program-program PKK baik yang berada ditingkat Kota, kecamatan, maupun kelurahan, yang muaranya juga untuk kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan dimasa yang akan datang,”Kata Fatma

Fatma juga menjelaskan bahwa PKK adalah gerakkan yang tumbuh dari bawah yang tujuan utamanya adalah mewujudkan keluarga sejahtera.

“Karena itu, kesejahteraan keluarga harus menjadi prioritas karena keluarga adalah unit terkecil masyarakat yang memiliki arti besar dalam pembangunan,”jelasnya.

Selain itu, PKK juga dapat berperan penting dalam menciptakan ketahanan keluarga, menjamin situasi dan kondisi keluarga yang sehat di masa pandemi dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan sehingga PKK membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“PKK dengan 10 program pokoknya akan menjadi pilar yang kokoh jika diamalkan untuk tujuan utama kesejahteraan dan ketahanan keluarga. PKK juga bisa berperan aktif dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Fatma.

Di bidang kesehatan, banyak yang bisa dilakukan misalnya dengan mengadakan sosialisasi untuk menjaga kesehatan reproduksi remaja (KRR ) agar tidak menimbulkan berbagai masalah dikeluarga atau masyarakat, seperti kehamilan atau kelahiran anak yang tidak diinginkan.

“Alhamdulillah di Kota Pasuruan jumlah kematian Ibu dan bayi sangat minim. Tapi ada PR masih adanya kasus stunting dan PKK siap untuk membantu Pemkot mewujudkan Kota Pasuruan bebas stunting,” ujarnya.

Fatma juga yakin bahwa PKK Kota Pasuruan mampu membantu mewujudkan visi misi Kota Pasuruan sebagai Kota Madinah.

“Mari ibu-ibu kita terus bergandengan tangan untuk menggerakkan PKK diKota Pasuruan ini, agar kita bisa tetap berdaya, tetap berkarya dan berdampak untuk seluruh keluarga dan masyarakat. Serta mewujudkan cita-cita bapak Wali Kota beserta Wakil Wali Kota Pasuruan  dalam visi dan misinya untuk menjadikan Kota Pasuruan menuju Kota Madinah yaitu maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya,” Imbuhnya.

Sekedar informasi, pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pasuruan,  Asisten I Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah se Kota Pasuruan. (Fit)