Cerita Kota

Kunjungi KRPL Sekargadung, Mas Adi: Melalui Sekargadung Menanam Wujudkan Program Urban Farming di Kota Pasuruan.

Pasuruan Kota Madinah. Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) dan Ibu Ani Adi Wibowo mengunjungi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dilingkungan RT. 01 RW. 01 Kelurahan Sekargadung Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan Sabtu (11/09/21). Kunjungan ini berkaitan dengan kegiatan menanam yang dilakukan warga Sekargadung dalam rangka menciptakan urban farming.

Mas Adi disambut langsung oleh Ketua Kampung Tangguh Sekar Asri yang didampingi Ketua Kelompok Tani Buah, Ketua Agrowisata Sekargadung dan Ketua SatgasKes Sekargadung Bapak Tri Yulianto. Tampak hadir pula Sekretaris Kecamatan, Ketua RW 01, Tokoh masyarakat Sekargadung dan Karang Taruna Sekargadung.

Tujuan utama KRPL ini sebagai ujung tombak pemberdayaan ekonomi pedesaan, Dimulai dari Sekargadung sebagai pailot project dan nanti bisa jadi embrio untuk menjadi Kota Pasuruan menanam yang di awali dari Sekargadung menanam.

Mas Adi mengatakan bahwa kegiatan menanam yang dilakukan warga Sekargadung sangat luar biasa.

“Kita melihat warga Sekargadung ini sangat luar biasa, salah satu hasil tanamnya yaitu gambas yang mempunyai panjang lebih dari 1 meter lebih, melon, lombok hitam dan lain-lain dan ini semua hasil dari masyarakat Sekargadung,” ujar Mas Adi.

Lebih lanjut Mas Adi mengatakan kedepan Kota Pasuruan ingin membangun dan mengembangkan sektor pertanian dengan program urban farming, dimana dengan keterbatasan lahan yang kita miliki tapi kita justru harus mendorong produktifitasnya yang tinggi dimana dari spesifikasi sektor tanaman juga bisa dilakukan.

”Bisa kita lihat disini bahwa tidak hanya monoton pada tanaman yang biasa kita tanam tapi justru ada inovasi-inovasi dan juga adanya diversifikasi tanaman, dan ini terwujud murni dari warga Sekargadung,” jelasnya.

Mas Adi juga menyampaikan bahwa Pemkot Pasuruan sangat mengapresiasi kegiatan menanam warga Sekargadung.

”Pemerintah sangat mengapresiasi sebagai wujud kolaborasi dari program kita yaitu urban farming di Kota Pasuruan,” pungkasnya.

Di kegiatan Sekargadung menanam ini KRPL di RW 01 RT 01, menanam berbagai macam bibit unggulan dunia diantara mangga brazil, gambas cina, lombok hitam, bayam, tomat, terong, sawi dan melon. (Fit/Aga)