Produk UMKM

Soto Patak Unggulan UMKM Kelurahan Krapyakrejo dengan Cita Rasa Khas Kota Pasuruan.

Salah satu UMKM unggulan di Kota Pasuruan yang tidak ada di tempat yang lain dan menjadi ciri khas dengan cita rasa special salah satunya Soto Patak dari UMKM Kelurahan Krapyakrejo Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan.

Istilah patak sendiri diambil dari salah satu bahan yang ada di campuran soto tersebut, patak kalau di artikan yaitu kepala. Untuk bahan sotonya itu yang diambil isi dari kepala sapinya.

” Patak itu kepala sapi, yang saya ambil untuk bahan soto ini yaitu isi dari kepala sapi tersebut,” ujar mbak Ellis salah satu penjual soto patak di Kelurahan Krapyakrejo. Kamis (16/09/2021).

Soto patak sendiri bahannya terdiri dari lontong, kecambah, seladri, patak yang kemudian dicampur kecap kemudian di kasih kuah khas patak.

” Untuk kuahnya sendiri dibuat dari rebusan patak yang dicampur dengan rempah-rempah atau bumbu,” lanjut mbak Ellis.

Menurut Lurah Krapyakrejo Nurbit, SH melalui salah satu stafnya yang menangani bidang sarpras Ibu Alifah mengatakan di Kelurahan Krapyakrejo sendiri untuk penjual soto patak sendiri sekarang tinggal 4 orang.

” Untuk penjual soto patak di Kelurahan Krapyakrejo tinggal 4 orang, mereka sudah berjualan soto patak sekitar 20 tahun lebih dan yang sekarang merupakan generasi kedua,” ujarnya.

Pelanggan soto pataknya mbak Ellis sendiri selama ini bukan hanya dari daerah Krapyakrejo sendiri, melainkan banyak yang datang dari luar kota khususnya dari Kabupaten Pasuruan.

Dalam sehari mbak Ellis bisa menghabiskan 4 sampai 5 kepala sapi, dimana satu porsi hanya dijual delapan ribu rupiah dan bisa menjual dalam sehari mencapai 50 porsi soto patak.

” Dalam sehari saya bisa menghabiskan 4 sampai 5 kepala sapi dan bisa menjual sekitar 50 porsi,” imbuh Ellis.

Salah satu pelanggan setia soto patak mbak Ellis, Cak Mail saat menikmati soto patak mengatakan soto patak dari UMKM Kelurahan Krapyakrejo ini punya cita rasa khas, dengan perpaduan lontong, kecambah, seladri, patak dengan kuah yang khas. Rasanya sangat sedap dan nikmat.

” Rasanya sangat sedap dan nikmat sekali,” ujar cak mail.

Saat tim liputan Ramapati ada di warung, Mbak Ellis mendapat pesanan soto patak dari guru TK yang ada di Kebonagung sebanyak 19 porsi soto patak.

” Alhamdulillah mas, ini dapat pesanan 19 porsi dari guru TK Kebonagung,” pungkasnya.

Soto patak khas UMKM Kelurahan Krapyakrejo ini selalu mewakili dalam acara Pameran- pameran yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan.

Untuk yang berminat dan ingin menikmati rasa khas soto patak UMKM Kelurahan Krapyakrejo, anda bisa langsung datang ke salah satu warung yang setiap hari selalu menyediakan menu soto patak dengan alamat di depan Kelurahan Krapyakrejo Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. (Aga)