Aktual

Wali Kota Pasuruan Tegaskan Semua Perangkat Daerah Harus Memperbaiki Kinerja Terutama di Sektor Keuangan

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Direktur Jendral Perbendaharaan Propinsi Jawa Timur dalam rangka mengikuti Focus Group Discusion (FGD) terkait dengan penguatan fiskal daerah dalam rangka membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan Kota Pasuruan yang semakin tangguh dan tumbuh, Kamis (23/09/2021)

Dalam pers release Gus Ipul menyampaikan Kunjungan ini dimaksudkan FGD untuk memperbaiki kinerja Perangkat Daerah terutama disektor keuangan dengan melakukan sinkronisasi data karena selama ini data kita masih manual belum masuk kesuatu sistem yang menjadi data bersama antara perencanaan dan penganggaran masih terpisah.

“BPK dan KPK merekomendasikan Pemkot Pasuruan untuk segera berbenah, dari kegiatan FGD ini kita banyak mendapat masukan rencana untuk memperbaiki kinerja khususnya penerimaan pajak dan pengelolaan aset” ujarnya

Gus Ipul juga mengatakan Kota Pasuruan memiliki potensi juga mempunyai masalah salah satunya penyerapan anggaran, persoalan ini merupakan persoalan fiskal yang yang harus diselesaikan dan di cari penyebabnya.

“Saya akan membentuk satgas penyerapan anggaran yang di ketuai oleh Sekda Pemkot Pasuruan didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan untuk mengontrol kondisi real time penyerapan anggaran di masing-masing Perangkat Daerah”ujarnya

Selanjutnya disampaikan bahwa banyak pekerjaan rumah di Pemkot Pasuruan diantaranya sebelumnya Pemkot Pasuruan meraih WDP namun sekarang ditahun 2021 sudah WTP. Sakip masih B dan akan diusahakan untuk mendapatkan A. MCP di Pemkot Pasuruan nilainya 44, KPK menghendaki diakhir tahun 2021 Pemkot Pasuruan mencapai target nilainya 90 untuk itu perlu adanya perbaikan tata kelola pemerintahan dengan kerja keras Perangkat Daerah.

Kunjungan kerja ini di pimpin langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ) di dampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Mas Adi, Seketaris Daerah Kota Pasuruan dan diikuti Kepala Perangkat Daerah terkait yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Propinsi Jawa Timur. (rmd/fit)