Aktual

Malam Anugrah Kampung Hebat, Gus Ipul : Kampung Yang Hebat Adalah Kampung Yang Bersih, Asri dan Berwawasan Lingkungan

Pasuruan Kota Madinah. Kampung yang hebat terbentuk karena banyak rukun tetangga (RT) nya yang lingkungan baik, lingkungan sehat dan lingkungan hebat yang bermula dari keluarga yang hebat dengan mempercepat hadirnya kampung yang bersih, kampung yang asri dan kampung yang berwawasan lingkungan. Rabu (29/9/2021)

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Pasuruan Samsul Rizal menyebutkan, ada tiga kategori dalam lomba Anugerah Kampung Hebat pada 2021 ini. Yaitu, kategori perumahan, permukiman berkembang, dan permukiman pesisir dengan lima indikator diantaranya pengelolaan lingkungan hidup yang bersih hijau dan asri, upaya pengurangan sampah melalui bank sampah dan upaya 3R (reduce, reuse dan recycle), peningkat kwalitas kegiatan lingkungan, peran serta warga masing-masing RT dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup, dan terakhir upaya pencegahan dan penanganan covid 19.

Dalam sambutannya Gus Ipul menyampaikan saya dan Mas Adi meneruskan kegiatan kampung hebat yang di lombakan setiap tahun dengan menambah kategori pesisir yang memang secara karakter tidak bisa disamakan dengan daerah selatan karena daerah pesisir tentu lebih panas dan lebih kering. 

“Lomba kampung hebat dimana dengan kampung yang bersih, kampung yang indah dan kampung yang asri itu membuat kita kerasan” ujar Gus Ipul

Gus Ipul menyampaikan kota yang indah menghadirkan kota yang sarana prasarana berkwalitas mendukung kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan akhirnya harmoni warganya karena mendapatkan layanan yang baik, warganya mendapat layanan yang cepat, mudah diakses dan tau ke mana harus menyelesaikan persoalan.

“Lisa bunga lihat sampah, ambil dan buang pada tempatnya” ajakan Gus Ipul

Gus Ipul menyampaikan Agar Lurah dan Camat memperhatikan ke 51 RT yang mengikuti lomba ini  supaya berkelanjutan tidak berhenti saat mengikuti lomba jadi di kawal dan di bina libatkan PKK dan Deskranasda mungkin ada kegiatan UMKM yang memerlukan dukungan pemasaran, dukungan permodalan, dukungan peningkatan keterampilan, dukungan manajemen maupun dukungan lain sehingga UMKM tetap bertahan.

“Mari kita belajar dari kampung yang sukses dan kesuksesan mereka tidak bergantung pada bantuan dari pemerintah mereka berinisiatif mereka berada didepan kemudian pemerintah hadir memberikan dukungan sesuai kemampuan pemerintah daerah” imbuh Gus Ipul Lomba kampung hebat untuk kategori Perumahan diperoleh Perumahan Tanah Mas RT 6 RW 8, kedua kategori Pemukiman Pesisir diperoleh  Kelurahan Mayangan RT 1 RW 1, ketiga kategori Pemukiman Berkembang diperoleh Kelurahan Pohjentrek RT 10 RW 2, keempat lomba desain tempat sampah diperoleh Amienuddin Kholid dan kelima lomba karya tulis di peroleh Yudintya Aisyah Ermandi. Penganugerahan Kampung Hebat Berlokasi di Gedung Gradika Kota Pasuruan. (rmd)