AktualPublikasi

Gus Ipul Berharap Mall Pelayanan Publik Bisa Memberikan Layanan Cepat dan Murah.

Ramapati Pasuruan- Latar belakang Mal Pelayanan Publik (MPP) ini terjadi karena adanya GAP antara kondisi eksisting dengan kondisi yang diharapkan.

Dimana kondisi eksisting ini belum optimalnya pelayanan dalam bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan perizinan yang belum memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat dan kinerja petugas pelayanan yang belum optimal dan memuaskan.

Sementara kondisi yang diharapkan yaitu kemudahan dalam berinvestasi yg didukung kepastian hukum, keamanan dan berkelanjutan, kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan profesionalisme aparatur pelayanan dan peningkatan sarana dan prasarana.

Menurut Plt. kepala DPMPTSP bapak indra,  tujuan penyelenggaraan MPP ini

Yaitu memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

” Selain itu meningkatkan komitmen, kerjasama dan sinergi antara para penyelenggara layanan dalam rangka penyediaan, pemanfaatan dan pengembangan layanan publik,” katanya. Senin (22/11/2021)

Masih menurut indra progress report MPP ini dimulai sejak bulan April yaitu identifikasi layanan dari 19 instansi yang menyatakan siap ada 17 instansi dengan total 57 layanan, bulan Juni melakukan koordinasi dengan Kemenpan RB dilanjut bulan Juli mulai melakukan pembangunan konstruksi serta pengadaan sarana dan prasarana, bulan Agustus melakukan koordinasi lanjutan penganggaran PAK dan bulan September sampai Desember nanti dilakukan persiapan sarana dan prasarana kebutuhan MPP.

Kegiatan Forum Konsultasi Publik Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pasuruan ini dilaksanakan di Pendopo Surga Surgi yang dihadiri langsung Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf ( Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) di hadiri Perangkat Daerah terkait serta undangan dari instansi lain baik dari BUMN, BUMD dan instansi lainnya.

Dalam arahannya Gus Ipul mengharapkan dengan layanan di MPP ini Pemkot berupaya dan

berusaha memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih murah kepada masyarakat.

” Hal ini menjadi super prioritas saya dan Wakil Wali Kota Pasuruan sejak masa kampaye dulu dan  prosesnya sangat panjang dan alhamdulillah saat ini tinggal menunggu progres lebih lanjut,” ujar Wali Kota

Lebih lanjut Gus Ipul berharap pertemuan kali ini menjadi sangat penting khususnya bagi instansi yang terlibat di MPP untuk mempersiapkan diri dari sekarang dengan harapan ada masukan dan penyempurnaan, sehingga penyempurnaan ini bisa dirasakan oleh masyarakat Kota Pasuruan.

Wali Kota Pasuruan juga berharap hasil dari study banding ke Pekan Baru bisa memperoleh ilmu dan juga ATM (amati, tiru dan modifikasi) agar dalam pelaksanaan Mall Pelayanan Publik di Kota Pasuruan nantinya berjalan sesuai harapan bersama.

Acara selanjutnya dialog bersama instansi terkait yang sudah menyatakan diri bersedia untuk bergabung di MPP yang dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan. (Aga)