Cerita KotaPublikasi

Pohon Tumbang dan Rumah Rusak Akibat Hujan Disertai Angin Kencang, BPBD Kota Pasuruan Ambil Langkah Cepat

Pasuruan Kota Madinah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan terjunkan personil Pusdalops dan TRC dalam rangka penanganan pohon tumbang dan rumah rusak akibat hujan deras dan angin kencang pada Minggu (26/12/21)

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi mengatakan, hujan deras dan angin kencang yang terjadi sekitar pukul 13.30 WIB tersebut menyebabkan pohon tumbang dan beberapa rumah warga rusak.

BPBD Kota Pasuruan bersama personil yang terlibat segera melakukan penanganan “BPBD segera menerjunkan tim untuk mengambil langkah penanganan. Dibantu beberapa pihak diantaranya PMK, DLHKP, TNI/POLRI, serta relawan juga warga,” paparnya, Senin (27/12/21)

Sebagaimana data yang diperoleh, seluruh rangkain penanganan mulai dari pembersihan dan pemotongan pohon tersebut berlangsung selama 7 jam, “Selesai pada hari itu juga sekitar pukul 20.50 WIB,” sambungnya.

Walaupun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materi yang didapat cukup besar, yakni satu unit mobil tertimpah pohon dan 12 rumah rusak (genting jatuh).

Menurut data, pohon tumbang tersebar di 17 titik, diantaranya, Jl. Panglima Sudirman, Jl. Sunan Ampel, Jl. Wahidin Sudirohusodo, Jl. Veteran depan Kodim 0819 Pasuruan, Jl. Hang Tuah, serta di wilayah Kelurahan Petamanan.

Sedangkan rumah yang mengalami kerusakan mencakup 6 titik yang tersebar di 3 Kecamatan yakni, 8 rumah di Kecamatan Purworejo, 3 rumah di Kecamatan Panggungrejo, dan 1 rumah di Kecamatan Gadingrejo.

BPBD Kota Pasuruan terus memberi himbauan dan peringatan. Mengingat cuaca buruk berpotensi menyebabkan hujan disertai kilat/petir dan angin kencang. (lio)