AktualPublikasi

Kota Pasuruan dikepung Banjir, Wali Kota Gus Ipul Minta Maaf Kepada Warga

Pasuruan Kota Madinah. Hujan deras mengguyur Kota Pasuruan mulai sore hingga malam menyebabkan sejumlah titik di Kota Pasuruan terendam banjir. Dari pantauan tim liputan Kominfo, banjir terjadi di sejumlah titik seperti, di Jl. Jawa, JL. Belitung, JL. Sumatra, JL.KH. Wachid Hasyim, JL. Dewi sartika, Alun-Alun Kota Pasuruan, JL. Irian Jaya, Raden Patah, Banda utara, Pattimura, Veteran, Sunan Ampel, JL. Niaga, dan beberapa titik banjir lainnya.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengecek langsung banjir disejumlah titik.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul meminta maaf kepada warga Kota Pasuruan karena belum bisa  menyelesaikan persoalan banjir di Kota Pasuruan.

“Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya selaku Wali Kota Pasuruan masih belum bisa mengatasi banjir ini sebaik mungkin karena memang banyak hal harus dibenahi,” kata Gus Ipul saat mengecek banjir di Pondok Pesantren Salafiyah, Jumat (25/02/2022) malam.

Gus Ipul juga menjelaskan Kota Pasuruan ini berada dihilir sementara sungai di Kota Pasuruan mempunyai hulu, dimana ada masalah di hulu yang harus segera diatasi. Sehingga perlu bantuan pemerintah pusat dan provinsi untuk mengatasi.

“Kami tidak ingin menyalahkan siapapun. Ini memang butuh waktu. Kami juga mohon kerjasama bagi warga yang memiliki rumah di bantaran sungai,” jelas Gus Ipul.

Gus Ipul juga menjelaskan untuk menangani banjir ini,  perlu beberapa langkah yang harus dilakukan yakni normalisasi tiga sungai besar yang membelah Kota Pasuruan. Juga normalisasi seluruh saluran yang ada.

 “Kami akan terus mencari solusi dengan mengajak pemerintah pusat dan provinsi karena banjir Di Kota Pasuruan memang perlu langkah bersama dan menyeluruh” terang Gus Ipul.

Gus Ipul juga mengajak seluruh Warga Kota Pasuruan untuk berpartisipasi dalam menangani banjir misal saja membuang sampah pada tempatnya.

“Saya mengajak seluruh warga Kota Pasuruan untuk berpartisipasi dalam menangani banjir ini, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah tidak membuang sampah disembarang tempat, apalagi membuang sampah di saluran-saluran dan sungai di Kota Pasuruan, “ ajak Gus Ipul

Sementara itu,  terkait banjir yang sejak sore tadi yang terjadi di Kota Pasuruan, Pemerintah Kota Pasuruan melalui seluruh personel BPBD, camat dan lurah membantu warga di lokasi banjir. (fit)