AktualPublikasi

Pulihkan Ekonomi, Kota Pasuruan Gelar Pameran UMKM dan Rintis Jazz Harmoni

Pasuruan Kota Madinah. Menjelang bulan ramadhan tahun 2022 Pemerintah Kota Pasuruan menggelar pameran produk UMKM yang dibuka langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi.

“Kita mencoba mencari cara untuk bisa beradaptasi dengan pandemi khususnya di bidang ekonomi dan pariwisata,” kata Gus Ipul saat membuka pameran produk UMKM dan jazz Harmonie di halaman gedung Harmoni Kota Pasuruan, Sabtu (26/3) malam.

Gus Ipul dan Mas Adi berkomitmen kedepan akan lebih banyak event pameran UMKM untuk mengajak masyarakat untuk membeli produk UMKM Kota Pasuruan dengan icon-icon seperti industri mebel, industri logam, industri kuliner dan industri kerajinan yang layak untuk ditampilkan.

“Pemkot Pasuruan melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) sudah membuat market place yang sebelumnya madinah mart yang menjadi bagian alternative layanan kepada masayarakat untuk memperoleh produk yang lebih murah, berkwalitas dan mudah diakses,” ujar gus ipul

Gus Ipul juga menjelaskan bahwa kenapa memilih Gedung Harmonie sebagai tempat terselenggaranya jazz harmonie ini, karena ia menginginkan Gedung Harmonie menjadi rintisan yang secara rutin bisa menampilkan Pas jazz Harmonie.

“Saya ingin panggung ini jadi rintisan yang secara rutin bisa menampilkan Pas Jazz Harmoni yang bisa digelar setiap tahun. Sehingga bisa menyajikan musik yang enak didengar dan menghibur. Saya membayangkan nanti akan ada festival Padang bulan di Jalan Pahlawan ini,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul juga berterima kasih kepada Forkopimda, Dandim, Kapolres, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan, Kajari, Dansubdenpom dan Marinir atas dukungan terselenggaranya Pasuruan Jazz Harmoni dan pameran UMKM ditengah Pandemi Covid 19. Tentunya kegiatan ini juga diselenggarakan secara protokol kesehatan.

“Mari kita mulai kegiatan sehari-hari dengan kebiasaan baru atau new normal dengan tetap menjaga jarak, menjaga kebersihan, dan memperkuat daya tahan tubuh,” pesannya

Gus Ipul, juga menyampaikan bahwa pada tahun ini, Pemerintah Kota Pasuruan menyiapkan banyak event karena pariwisata sebagai lokomotif perekonomian Kota Pasuruan menuju Kota Madinah.

“Event dan Pariwisata adalah bagian dari lokomotif ekonomi. Pelan-pelan kita ingin mewujudkannya sehingga Kota Pasuruan bisa segera menjadi Kota Madinah yang maju ekonominya indah kotanya dan Harmoni warganya,” kata Gus Ipul.

Beragam produk UMKM Kota Pasuruan mulai dari kopi kaspandi, beragam minuman tradisional, bandeng jelak, jajanan, batik,  bajus erta aneka karya kreatif warga Kota Pasuruan dipamerkan dalam kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan panggung musik Jazz bertema Pas Jazz Harmonie yang menghadirkan artis ibu kota Trie Utami, Shodiq dan Tohpati yang dimeriahkan juga artis lokal Kota Pasuruan

Sementara itu, Pemerintah Kota Pasuruan menyulap Gedung Iconik Heritage Kota Pasuruan yakni Gedung Harmoni untuk kegiatan kali ini.

Gedung yang berada di jalan Pahlawan ini dibersihkan, dirapikan, dicat dan dipercantik. Kalimat Harmoni yang dulu sempat hilang di gedung ini dikembalikan. Pelataran gedung juga dipaving sehingga tampak rapi. Begitu juga trotoar depan gedung direnovasi dengan batu alam sehingga mampu mengembalikan nuansa heritage gedung ini. (rmd/fit)