AktualPublikasi

Buka Bimbingan Manasik Haji 2022, Gus Ipul Berpesan Agar JCH menjaga Kesehatan

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka acara bimbingan manasik haji massal bagi jamaah haji Kota Pasuruan tahun 1443H/2022 M yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan, di Gedung Gradika, Rabu (25/05/2022). Sebanyak 125 jemaah haji akan mengikuti bimbingan manasik haji massal tahun 1443H/2022M ini.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul mengucapkan rasa syukur atas dibukanya kembali pemberangkatan haji setelah dua tahun harus berhenti karena pandemic Covid-19.

“Tentu ini kita harus syukuri, mudah-mudahan perjalanan para jamaah lancar, dan bisa jadi haji mabrur serta dapat mendoakan Indonesia, Jawa Timur, khususnya Kota Pasuruan agar bisa menjadi daerah yang sejahter, aman dan nyaman untuk warganya,” ujar Gus Ipul

Gus Ipul menjelaskan Pemerintah Indonesia menetapkan aturan dimana calon jamaah haji yang bisa berangkat adalah yang memiliki batas usia dibawah 65 tahun.

“Karena kondisi cuaca disana akan relatif panas, untuk itu usia dibatasi. Harapanya tahun depan kuota haji dapat ditambah, “ imbuhnya.

Gus Ipul juga berpesan kepada para jamaah calon haji (JCH) untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga kesehatan jasmani dan rohani serta melakukan persiapan yang cukup. Yang terpenting saya berpesan kepada para jamaah untuk menjaga kesehatan, tetap mematuhi protocol kesehatan walaupun disana agak longgar namun kita tetap harus melakukan persiapan yang cukup terutama fisik sehat, sudah vaksin, dan PCR,” imbuhnya.

Ia juga meminta kepada jamaah untuk mendoakan agar permasalahan-permasalah yang berada di Indonesia, Jawa Timur khususnya Kota Pasuruan dapat di selesaikan.

“Saya ingin Indonesia, Jawa Timur, khusunya Kota Pasuruan di doakan agar semua permasalahan-permasalahan dapat diselesaikan dengan baik beriringan dengan pertolongan Allah, SWT,” kata Gus Ipul.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan H. Abdurrahman mengatakan kegiatan ini bertujuan, pertama untuk meningkatkan kemampuan manasik jamah haji, kedua memberikan pemahaman dan ketentuan manasik haji agar dalam berjalan tertib nyaman dan aman sesuai ketentuan agama.

ketiga memberikan informasi sedini mungkin tentang ibadah haji sesuai ketentuan yang berlaku, keempat dapat memberikan deskripsi kepada jamaah terkait, suassana, adat istiadat sehingga para jamaah mampu beradaptasi, dan kelima memberi target manasih haji.

“Bimbingan manasik haji massal ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 25 Mei 2022 sampai dengan 26 mei 2022. Dan ditingkat Kecamatan akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei 2022 hingga 2 Juni 2022. (fit)