AktualPublikasi

Pameran Seni Rupa Dan Pasuruan Clothing Carnival, Mas Adi Sampaikan Momentum Strategis Membangun Kebersamaan

Pasuruan Kota Madinah. Seni diwilayah Kota Pasuruan, khususnya dunia seni rupa telah mencatat dinamika yang cukup progresif, mulai dari produk karya yang beragam, gerakan gotong royong seniman dalam berbagai event kesenirupaan yang dikenal oleh publik sebagai event pameran Gandheng Renteng yang di motori oleh para guru kesenian dan seniman Pasuruan yang tergabung dalam Komunitas Guru Seni dan Seniman Pasuruan (KGSP).

Pameran Seni Rupa kali ini merupakan event yang ke 12 merupakan ajang yang dilaksanakan setiap tahun juga tahun ini diisi Pameran Pasuruan Clothing Festival yang difasilitasi Pemerintah Kota pasuruan kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan yang dilaksanakan di Gedung Harmoni Kota Pasuruan. Pameran akan dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 23 sd 29 Juli 2022.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan ruang untuk para pegiat seni budaya untuk bisa berprestasi sehingga dapat menciptakan karya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam membuat suatu produk atau karya seni yang berkualitas kemudian sebagai media refleksi dan sebagai sarana untuk memberikan edukasi pendidikan dan melatih masyarakat secara luas untuk memahami arti dari keahlian rohani manusia serta mampu menyeimbangkan kembali ingatan dan pandangan manusia terhadap lingkungan di sekitar.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S,TP., M.Si (Mas Adi) menyampaikan kita bisa merasakan suasana Gedung Harmoni dalam konteks yang berbeda ini menjadi bagian komitmen kuat Wali Kota Pasuruan yang sering disampaikan bahwa dengan keterbatasan Kota Pasuruan Kalaupun tidak bisa membangun secara besar-besaran paling tidak bisa face off merubah wajah kota Pasuruan. Sabtu (23/7/2022).

“Kita rasakan Gedung Harmoni sudah berubah wajahnya sehingga semakin baik, kedepannya perencanaan Pemerintah Kota Pasuruan sepanjang jalan pahlawan ditata menjadi kawasan heritage yang menjadi sebuah ruang publik dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membangun kreativitas,” imbuhnya

Gandheng Renteng mempunyai filosofi membangun keberlangsungan dan membangun kebersamaan tema pameran yang ke 12 ini Stasiun pagere kawat rakyat rukun Indonesia kuat kalau ditambahi lagi Gandheng Renteng Kota Pasuruan, rakyat semakin bahagia.

Mas Adi juga menambahkan kolaborasi Pameran Seni Rupa dengan Pasuruan Clothing Carnival, Pemerintah Kota Pasuruan ingin melakukan fasilitasi terhadap keberlangsungan dan kemajuan seniman serta ekonomi kreatif yang ada di kota Pasuruan.

“Momentum seperti ini menjadi momentum strategis dengan sinergi, kolaborasi dan konvergensi untuk membangun kebersamaan walaupun kita berangkat dari tempat yang berbeda,” harapnya

Mas Adi mengharapkan fasilitas yang dimiliki Pemeriintah Kota Pasuruan baik Gedung Harmoni maupun tempat-tempat ruang publik lainnya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Kota Pasuruan prinsipnya dengan agama hidup terarah dengan ilmu hidup lebih mudah dan tentu dengan seni hidup Jadi lebih indah.

“Mari berkarya terus berkarya tanpa ada batas ruang dan waktu sehingga kreativitas itu tumbuh dan berkembang menjadi satu kesatuan untuk pembangunan kota Pasuruan,” Pungkasnya

Kemudian diakhir kegiatan Mas Adi melihat karya Seniman yang ada didalam Gedung Harmoni.

Pameran Seni Rupa dan Pasuruan Clothing Carnival dibuka langsung Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S,TP., M.Si (Mas Adi) didampingi Ibu Wakil Wali Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah, camat, lurah dan diikuti 60 seniman dan 17 pemuda pemudi kreatif.(rmd)