AktualPublikasi

Launching Implementasi Digital ID, Gus Ipul Sampaikan Program Pemerintah Harus Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat

Pasuruan Kota Madinah. Pencatatan data kependudukan di Indonesia terus mengalami peningkatan Mulai dari KTP biasa beralih ke KTP Elektronik saat ini launching Digital ID.

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan identitas resmi seorang penduduk yang berisi informasi data diri, foto, tanda tangan, dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK ini sangat penting keberadaannya karena digunakan untuk mengakses berbagai layanan publik khususnya yang membutuhkan syarat-syarat administratif.

ID Digital adalah KTP sekarang (KTP-El) dipindahkan ke dalam handphone berupa foto yang mempunyai QR Code yang nantinya bisa dibuka di handphone melalui aplikasi khusus.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) secara resmi melaunching Implementasi Digital ID Kota Pasuruan kemudian dilanjut dengan dialog dalam acara Forum Konsultasi Publik Administrasi Kependudukan di gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan. Senin (01/08/2022)

Layanan yang ada di Dispendukcapil Kota Pasuruan dapat dirasakan masyarakat diantaranya layanan OKE, layanan BANGKIT, JALAN BERDUA, TITIK NOL dan PENDEKAR.

Selain itu juga Dispendukcapil Kota Pasuruan menoreh banyak prestasi dari tahun 2016 sampai dengan 2021 diantaranya Penghargaan atas komitmen dan keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan pencatatan kelahiran, peringkat kelima cakupan kepemilikan akte kelahiran ditahun 2016, percepatan cakupan pemberiaan akta kelahiran anak kategori utama ditahun 2017, top 99 inovasi YANLIK PETERPAN ditahun 2018, Role model penyelenggaraan pelayanan publik ditahun 2019, capaian pelayanan administrasi kependudukan ditahun 2020 dan ditahun 2021 Top 30 Yanklik Pesta Terakhir tingkat Provinsi Jatim dan Top 99 Inovasi Yanklik Pasti Daku Kawin tingkat KEMENPANRB .

Dalam sambutan Gus Ipul mengapresiasi Dispendukcapil Kota Pasuruan begitu banyak prestasi baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional dalam kategori pelayanan.

“Setiap ada prestasi kita berikan apresiasi dimana apresiasi itu ada dari lembaga yang berwenang dan juga apresiasi dari masyarakat yang merasakan manfaat  dari layanan kita,” ujarnya

Kemudian Gus Ipul menambahkan Perangkat Daerah dalam mengoperasikan program harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat 

“azas manfaat sangat penting dalam setiap program kegiatan pemerintah,” katanya

Gus Ipul juga mengatakan identitas ini sangat penting apalagi ID digital.

“Dispendukcapil juga akan membuat drive thru layanan di MPP, Pemkot Pasuruan mendapatkan bantuan ADM (Anjungan dukcapil Mandiri) yang sudah dioperasikan di Mal Pelayanan Publik,” katanya

Layanan Dispendukcapil saat ini sudah berpindah ke MPP, meskipun baru berjalan 60% masih uji coba dan direspon baik oleh masyarakat.

“Beragam pelayanan publik kini dapat dinikmati langsung oleh masyarakat dengan tempat yang lebih luas dan nyaman,” ujarnya

Gus Ipul mengharapkan Pemerintah Kota Pasuruan harus memperhatikan  pembangunan infrastruktur yang berkwalitas (face off) operasi wajah dibeberapa tempat, memperbanyak event yang berkwalitas dengan mengajak masyarakat untuk berkreatifitas, dan yang terakhir meningkatkan layanan publik di Kota Pasuruan.

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan nanti akan dipusatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP),” pungkasnya

Kegiatan dihadiri secara langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, Seketaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Dispendukcapil yang sekaligus sebagai moderator dan diikuti Perangkat Daerah, Camat, Lurah, Akademis, LSM, Media dan berbagai stake holder. (rmd)