AktualPublikasi

Golek Sehat Golek Seneng, Gus Ipul Buka Event Olahraga Merah Putih Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah – Event Olahraga Merah Putih Kota Pasuruan resmi bergulir pada Jumat (26/8/2022). Walikota Pasuruan, Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka secara resmi gelaran tersebut di Stadion Untung Suropati Pasuruan bersama Wawali, Adi Wibowo S.TP, M.Si (Mas Adi) disertai jajaran Forkopimda Kota Pasuruan.

Event Olahraga Merah Putih merupakan ajang pesta olahraga yang digelar Pemkot Pasuruan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia. Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain sepak bola yang dikemas dalam format liga tarkam, bola voli tarkam, dayung, basket, serta E-Sport.

Seremoni pembukaan event olahraga merah putih sendiri berlangsung meriah. Beragam atraksi dari beberapa kesenian daerah Kota Pasuruan ditampilkan dalam momen tersebut. Seremoni dibuka dengan defile dari perwakilan kelurahan di empat kecamatan se-Kota Pasuruan. Selanjutnya berturut turut adalah penampilan kesenian Rampak Barong, Tari Sekar Paravan, Polisi dan Tentara Cilik, Atraksi Bendera, Pencak Silat 60 Anak, serta ditutup oleh tarian kolosal Terbang Bandung yang dipentaskan oleh 300 siswi Kota Pasuruan.

Gus Ipul saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa Event Olahraga Merah Putih merupakan salah satu upaya untuk kembali membangkitkan perekonomian masyarakat pasca melandainya pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya Kota Pasuruan.

“Event ini mengajak masyarakat untuk Golek Seneng Golek Sehat (Cari Senang dan Cari Sehat). Kondisi pandemi yang mulai mereda ini kita isi dengan kegiatan yang membuat prekonomian bangkit dan memacu kreatifitas”, ujar Gus Ipul

Gus Ipul menekankan bahwa event semacam ini juga diharapkan mampu memupuk persaudaraan antar warga Kota Pasuruan

“Kegiatan ini akan meningkatkan kepedulian, solidaritas, dan semangat berprestasi di kalangan warga Kota Pasuruan” imbuh Gus Ipul
Gus Ipul juga mengapresiasi performa dari beberapa penampil kesenian yang menurutnya luar biasa. Walikota berharap agar event ini dapat digelar lagi di tahun yang akan datang dengan lebih meriah.

“Saya berharap tahun depan dengan persiapan lebih panjang, akan menampilkan acara yang lebih meriah” ujarnya

Pada pembukaan event ini Gus Ipul juga berkesempatan untuk menyalakan api olahraga merah putih pada kaldron. Obor api olahraga ini diterima Walikota dari salah satu atlet berprestasi Kota Pasuruan, Muhammad Salahudin Kevin Santoso, yang merupakan peraih medali emas kejuaraan dunia olahraga beladiri Kempo.

Pada kesempatan yang sama, Walikota juga melakukan kick off untuk gelaran Liga Tarkam 2022 yang juga mulai dipertandingkan (hly)