AktualPublikasi

Mas Adi Sebut Data Instrumen Penting dalam Proses Pengambilan Kebijakan

Pasuruan Kota Madinah. Data menjadi instrumen paling penting dalam proses pengambilan kebijakan. Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) saat membuka Rapat Koordinasi REGSOSEK yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik Kota Pasuruan di Hotel Ascent Premiere Kota Pasuruan, Rabu (28/09/2022).

“Berbicara tentang pendataan, data menjadi instrumen yang penting dalam proses mengambil kebijakan. Jika ada kesalahan data, tentu intervensi terhadap kebijakan juga akan salah,” kata Mas Adi

Menurutnya, REGSOSEK merupakan hal yang fundamental untuk dilakukan mengingat pendataan menjadi pilar pada proses pendataan kesejahteraan sosial ekonomi.

“REGSOSEK ini menjadi hal yang sangat fundamental untuk dilakukan. Pengambilan data ini tidak dilakukan semata-mata, karena pendataan ini menjadi pilar pada proses REGSOSEK itu sendiri,” jelas Mas Adi

Mas Adi meminta petugas REGSOSEK miliki formulasi dan strategi dalam proses pendataan untuk menggali informasi yang akurat pada masyarakat.

“Sebagai petugas REGSOSEK, formulasi dan strategi harus dimiliki untuk menggali informasi yang akurat pada masyarakat. Hal ini menjadi menjadi sinergi dengan program-program yang ada di pemerintahan daerah,” ungkapnya.

Pasca Covid-19 data masyarakat banyak yang berubah akibat tidak adanya sinkronisasi data dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Maka perlu sinkronasi data dilakukan untuk mengindari kesalahpahaman dalam penerimaan bansos.

“Jika berbicara tentang pasca Covid-19, seringkali kita melihat dan sadari sebenarnya sudah banyak data masyarakat yang berubah, akan tetapi akibat  tidak adanya sinkronasi data dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, hal ini menyebabkan masyarakat protes karena merasa dirinya berhak mendapat bantuan sosial,” imbuh Mas Adi .

Mas Adi juga menyampaikan REGSOSEK sangat penting mengkampanyekan kepada seluruh instrumen masyarakat untuk menyampaikan informasi secara jujur. Kejujuran dari masyarakat dan semua stakeholder ini akan mempengaruhi kebijakan pemerintah yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

“Selain kita sampaikan kepada petugas, perlu dikampanyekan kepada masyarakat tentang pentingnya REGSOSEK ini untuk seluruh instrumen sampai ke tingkat RT dan RW untuk menyampaikan informasi secara jujur, jika tidak maka prosesnya akan terputus dan berpengaruh pada pendatapan dana yang akan kita miliki,” tutup Mas Adi