AktualPublikasi

Deklarasi jogo Pasuruan Aman dan kondusif, Wali Kota Pasuruan Ajak Pendekar Silat Ciptakan Suasana Rukun, Damai dan Semangat Gotong Royong

Pasuruan Kota Madinah. Untuk mencegah terjadinya bentrok antar anggota perguruan pencak silat, Kelompok Pendekar Silat se Kota Pasuruan menandatangani  deklarasi bersama Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk menjaga Kota Pasuruan tetap kondusif, aman, rukun dan damai. Kegiatan berlokasi di Gedung Gradika Kota Pasuruan. Kamis (12/1/2023)

Kegiatan ini, sebagai bentuk pernyataan sikap pendekar silat se Kota Pasuruan, untuk selalu menjaga suasana aman dan kondusif di Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan sambutan Gus Ipul menyampaikan bahwa pertemuan ini sebagai tindak lanjut dari arahan Gubernur, Kapolda dan Pangdam untuk semua komponen yang ada didaerah khususnya Kota Pasuruan secara aktif terus menjaga kondisi yang selama ini relatif aman.

“Kita tahu beberapa daerah ada hal tidak diharapkan semua pihak, mudah mudahan didaerah lain bisa dituntaskan dan tidak perlu berkembang kedaerah lain,” ujarnya

Lebih lanjut Gus Ipul mengatakan bahwa salah satu tugas kita yang diamanahi secara kolaborasi turut menciptakan suasana yang rukun, damai, semangat gotong royongnya tinggi sebagaimana yang dituangkan pada UUD 1945.

“Kita masing masing mempunyai tanggungb jawab yang sama untuk menciptakan kerukunan, menjadikan Pancasila ini hidup ditengah tengah warga Kota Pasuruan,” katanya

Gus Ipul juga mengungkapkan visi menciptakan Kota Pasuruan Kota Madinah salah satunya adalah bagaimana memiliki rasa kebersamaan lewat yang tidak membuat diskriminasi pada misi ketiga harmoni warganya.

“Layanan yang diberikan secara keseluruhan kewarga Kota Pasuruan untuk menciptakan suasana yang kondusif, contoh mal poncol bisa memberikan kesempatan yang sama, dapat mengakses kebutuhan masyarakat dengan mudah,” ungkapnya

Menurut Gus Ipul bahwa elemen masyarakat pada dasarnya telah berkontribusi secara nyata dalam menciptakan suasana yang tenang sehingga pembangunannya bisa berjalan dengan lancar.

“Salah satu penentu suksesnya pembangunan adalah stabilitas,” katanya

Gus Ipul juga menambahkan bahwa bila ada stabilas maka kesejahteraan itu akan terwujud.

“Stabilitas itu salah satu penentu kalau stabilitasnya terganggu tidak akan bisa jalan pembangunan,”tambahnya

Menurut Gus Ipul selama dua tahun merasakan betul kebersamaan ini tumbuh membuahkan hasil yang nyata diantaranya pandemi covid 19 bisa dilewati, menekan inflasi, bisa berprestasi  karena kontribusi Perangkat Daerah.

“Pekerjaan Rumah sekarang salah satu yang menjadi potensi disejumlah tempat ada perkelahian, tawuran, yang dilakukan antar pelajar, antar genk, antar kampung dan sekarang banyak kesalah pahaman yang terjadi pada saudara kita yang bergelut di dunia bela diri,”katanya

Gus Ipul juga mengajak para peserta untuk menciptakan suasana kondusif ini berlangsung terus, dan terjaga.

“Hari ini Kita melakukan Deklarasi dengan teman pendekar silat agar Kota Pasuruan aman dan kondusif,” pungkasnya

Setelah sambutan Wali Kota Pasuruan, kegiatan dilanjut dengan penandatangan Deklarasi dengan kelompok pendekar silat se Kota Pasuruan.

Hadir dalam kegiatan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Wali Kota Pasuruan, Seketaris Daerah Kota Pasuruan, Kapolres Kota Pasuruan, Perwakilan Dandim 0819 dan diikuti kelompok pendekar silat Se Kota Pasuruan. (rmd)