AktualPublikasi

Ini Strategi Pemkot Pasuruan Sambut Hari Jadi, Raker Apeksi, dan MTQ Jawa Timur.

Pasuruan Kota Madinah-Sederet event di Kota Pasuruan telah menanti sepanjang tahun 2023. Beberapa event baik berskala lokal hingga regional telah dijadwalkan akan digelar di kota santri ini. Sebagai langkah untuk mempersiapkan gelaran event-event dengan matang, Walikota Pasuruan, Drs H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Wakil Walikota, Adi Wibowo, S.TP, M.Si (Mas Adi) menggelar rapat dinas bersama para kepala perangkat daerah serta camat pada Rabu (18/1) bertempat di ruang Untung Suropati Sekretariat Daerah Kota Pasuruan.

Siang itu, rapat membahas agenda persiapan Pemkot Pasuruan dalam menyambut Hari Jadi Kota Pasuruan yang ke-337 pada bulan Februari mendatang. Berikutnya, Kota Pasuruan juga mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komwil IV yang terdiri dari Pemerintah Kota di Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT yang diagendakan pada akhir Juni. Event skala provinsi, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Jatim ke-30 juga akan dilaksanakan di Kota Pasuruan di akhir tahun 2023.

Gus Ipul menginginkan agar setiap event yang digelar harus dikemas semenarik mungkin. Ia juga memberikan arahan agar rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Kota Pasuruan disebar di berbagai rempat dan tidak hanya terpusat di satu lokasi saja.

“Gunakan beberapa lokasi yang menjadi aset Pemkot seperti Taman Pekuncen atau lokasi lain, selain itu  kegiatan resik-resik di IPLT Blandongan agar masyarakat tahu apa saja yang telah dibangun oleh Pemkot”, ujarnya.

Publikasi terkait rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Pasuruan ke 337 juga menjadi poin arahan Gus Ipul. Publikasi yang maksimal diharapkan mampu menyedot animo masyarakat untuk ikut serta memeriahkan event ini.

Sedangkan untuk menyambut Raker APEKSI Komwil IV, Gus Ipul ingin agar Kota Pasuruan menampilkan performa sebagai tuan rumah yang baik dan mampu memberikan kesan positif bagi para tamu yang hadir. Terlebih, yang akan berkunjung ke Kota Pasuruan dalam event ini nantinya adalah lara Walikota yang tergabung dalam Komwil IV Apeksi.

“Ini kehormatan yang besar dan kesempatan yang baik bagi Kota Pasuruan untuk kita manfaatkan. Perlu perencanaan yang baik, saling koordinaai untuk mengonsep kegiatan ini menjadi menarik dan para kepala daerah ini kerasan di Kota Pasuruan” katanya.

Sedangkan dalam pelaksanaan MTQ Jatim ke 30 pada penghujung tahun 2023 mendatang, Walikota berharap agar venue-venue yang telah ditetapkan sebagai lokasi lomba nantinya harus dipastikan telah dipersiapkan dengan baik.

“Harus dipoles dulu supaya makin cantik. Kita juga harus menjamu dengan baik kafilah yang nantinya hadir di Kota Pasuruan. Kita akan sajikan juga hiburan selama mereka berada di sini” ucapnya”

Gus Ipul juga berpesan agar seluruh pihak terkait agar menyiapkan sebaik mungkin perihal akomodasi agar para kafilah yang berkomoetisi dalam event ini merasa nyaman selama tinggal di Kota Pasuruan.