AktualPublikasi

Mas Adi Tegaskan Penilaian KLA Jadi Tanggung Jawab Semua Perangkat Daerah dan Stakeholder Terkait

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan  Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) di bawah kepemimpinan Situ Zuniati, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluasi Kota Layak Anak (KLA), Jumat (17/03/23) bertempat di Ruang rapat Untung Suropati.

Rakor dan evaluasi tersebut dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) yang didampingi langsung oleh kepala dinas DP3AKB.

Mas Adi dalam arahannya menyampaikan masih beredar persepsi bahwa penilaian Kota Layak Anak ini menjadi tanggung jawab utama DP3AKB dan tidak ada kolaborasi dengan stakeholder yang terkait.

“Padahal kalau kita lihat beberapa indikator yang ada melibatkan semua kelembagaan terutama perangkat daerah terkait yang berkaitan dengan penilaian KLA”, kata Mas Adi

Lanjutnya, dalam penilaian mandiri sudah terlihat cukup tinggi dengan nilai 827 dengan kategori utama.

“Tapi ini penilaian mandiri, yang namanya penilaian mandiri tentu indikator-indikator yang terbaik. Yang menilai bukan kita sendiri tapi dari kementrian, sehingga kita harus melihat secara rinci lagi”, bebernya

Mas Adi juga berharap kepada perangkat daerah bahwa Kota Pasuruan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik demi mewujudkan Kota Layak Anak.

“Harapannya dapat mendukung Kota Layak yang kita cita-citakan dapat naik di tahun ini. Kita sudah memiliki forum anak, Musrenbang dan sebagainya. Semoga penilaian mandiri kita sesuai dengan penilaian kementerian”, harap Mas Adi

Menurutnya, tahun ini menjadi kesempatan Kota Pasuruan untuk menjadi Kota Layak Anak. Tidak hanya memenuhi secara administratif saja, namun benar-benar menjadi Kota yang layak untuk anak.

“Indikatornya tentu harus melibatkan anak. Kita semua bisa memprediksikan dari masing-masing perangkat daerah apakah sudah memenuhi indikator yang di tetapkan dalam penilaian ini”, jelas Mas Adi

Sebelum menutup sambutannya Mas Adi memita dukungan penuh dari perangkat daerah dalam penilaian KLA ini.

“Mari kita dukung bersama keinginan untuk naik kelas, dari kategori madya naik menjadi kategori utama”, tutup Mas Adi

Acara ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pasuruan, seluruh perangkat daerah di Kota Pasuruan dan beberapa stakeholder yang bersangkutan.