AktualPublikasi

Sosialisasi Reformasi Birokrasi Tematik, Mas Adi Harapkan Menjadi Stimulus, Energi dan Pemahaman Penataan Reformasi Birokrasi

Pasuruan Kota Madinah. Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S.Tp, M.Si (Mas Adi) menghadiri Sosialisasi dan Asistensi Reformasi Birokrasi Tematik dan perubahan road map Reformasi Birokrasi bersama Kepala Daerah Kota Kabupaten se Provinsi Jawa Timur berlokasi di Gedung BPSDM Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Selasa (11/4/2023)

Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini menginformasikan kebijakan mengenai perubahan road map dan RB Tematik ini kepada mitra strategis Kementerian PAN RB, Mendorong implementasi Reformasi Birokrasi utamanya di Pemerintah Daerah agar berorientasi kepada hasil sehingga dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat kemudian mengikat komitmen para Kepala Daerah dalam mengimplementasikan Reformasi Birokrasi berorientasi pada hasil dan dampak.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo tentang Reformasi Birokrasi harus difokuskan pada tiga point diantaranya Birokrasi yang berdampak, Reformasi Birokrasi bukan tumpukan kertas dan yang terakhir Birokrasi lincah dan cepat.

Dalam pers realese Mas Adi menyampaikan bahwa hari ini tanggal 11 April 2023, Kota dan Kabupaten Se-Provinsi Jawa Timur bersama Menpan RB mengikuti Sosialisasi dan Asistensi tentang Reformasi Birokrasi Tematik.

“Kegiatan ini menjadi forum strategis bagi kita semua karena ada kebijakan dan strategi baru bagaimana Reformasi Birokrasi yang berdampak kepada masyarakat luas,” ujarnya

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari tanggal 11 sd 12 april 2023 yang diikuti Kepala Daerah Kota dan Kabupaten Se Provinsi Jawa Timur beserta Kepala Perangkat Daerah yang mendampingi. 

“Harapannya kegiatan ini menjadi stimulus, energi dan pemahaman bagi kita bagaimana Reformasi Birokrasi Tematik ini bisa memberikan dampak langsung kepada masyarakat, tentu sidang Asistensi ini menjadi forum yang sangat penting untuk diikuti dari awal sampai akhir dan ini menjadi modal buat kita Penataan Reformasi Birokrasi kedepan di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan,” katanya

Sebelumnya pers realese Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa hari ini sedang membahas sesuatu birokrasi bagaimana begitu pentingnya Reformasi Birokrasi Tematik.

“Karena bila birokrasi ini bergerak dengan capaian yang berdampak dan terukur maka hasilnya akan jauh lebih baik dan tentu tidak seluruh provinsi tidak kami datangi seperti ini karena ini kegiatannya sampai besok maka akan ada pendampingan khususnya bagi provinsi dan kabupaten kota sejawa timur,”ujarnya

Menurut Azwar Anas Kenapa kita pilih di Jawa Timur karena nilai rata rata Reformasi Birokrasinya relative lebih baik dibanding Kabupaten Kota diprovinsi lain.

“Mudah mudahan kehadiran kami ditempat ini akan bisa mendorong kinerja yang berdampak penanganan kemiskinan, mendorong investasi, digitalisasi pemerintahan dan untuk menumbuhkan belanja produk dalam negeri,” katanya

Ia Juga merasa senang dengan angka yang dipaparkan Seketaris Daerah Provinsi Jawa Timur terkait penanganan inflasi, belanja produk dalam negeri dan penanganan kemiskinannya, Provinsi jawa Timur termasuk yang terbaik di Indonesia dibanding provinsi provinsi yang lain.

“Ada dua hal yang difokuskan yaitu kemiskinan dan investasi, jangan sampai nilai Reformasi Birokrasinya bagus didaerah tetapi kemiskinannya masih tinggi dan investasi masih rendah maka kalau pelayanan birokrasinya bagus investasinya pasti akan naik begitu juga terkait dengan penanganan kemiskinan pasti akan jauh lebih baik,” pungkasnya

Hadir dalam kegiatan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Seketaris Daerah Provinsi Jawa Timur, dan diikuti Kepala Daerah Kota Kabupaten Se Provinsi Jawa Timur. (rmd)