AktualPublikasi

Ribuan Lansia Kota Pasuruan Meriahkan Peringatan Hari Lansia Bertajuk Lansia Berkiprah, Lansia Bahagia

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial Kota Pasuruan menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2023 bertajuk Lansia Berkiprah, Lansia bahagia yang dimeriahkan oleh ribuan lansia, Sabtu (10/6/2023).

Bertempat di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, serangkaian kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan hari lansia tersebut. Mulai dari senam resik resik dan senam lansia bugar, penampilan drama kolosal, pembacaan puisi, fashion show, penampilan samroh, penampilan lesung dan folksong, hingga fun games seperti estafet karet gelang dan salur sarung.

Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya melihat antusiasme para lansia yang tetap ceria di usia senjanya untuk mengikuti serangkaian kegiatan peringatan Hari Lansia pagi itu.

“Hari ini ada 1.500 lansia berkumpul untuk melaksanakan peringatan Hari Lansia Nasional yang Alhamdulillah semakin tahun jumlah lansianya semakin banyak. Ini artinya, masyarakatnya sejahtera sehingga umurnya semakin panjang,” ujar Gus Ipul

Gus Ipul berpesan kepada para lansia untuk terus bersemangat dan mengutamakan kesehatannya.

“Nomer satu yang paling penting lansia harus sehat. Matahari pagi ini juga menyehatkan kita semua, untuk itu kita berkumpul disini salah satunya supaya badan kita tetap sehat,” tuturnya

Selain itu, Gus Ipul juga menyampaikan bahwa lansia harus tetap produktif dan bahagia di usia senjanya untuk terus berdaya.

“Bapak-Ibu lansia harus tetap produktif, seperti melaksanakan senam rutin dan membuat kegiatan kesenian. Ini menunjukkan bahwa lansia masih mau berkarya. Lansia juga harus bahagia. Bapak-Ibu diundang kesini untuk diajak bersenang-senang dan bahagia,” kata Gus Ipul

Lebih lanjut, Gus Ipul mengatkan, Pemerintah Kota Pasuruan mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memberikan layanan khusus kepada para lansia. Ia mengatakan bahwa lansia, perempuan dan anak-anak harus diprioritaskan agar kenyamanan, keamanan, dan kesejahteraannya dapat terjamin.

“Kami terus berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik karena lansia semakin hari semakin meningkat dan memerlukan layanan khusus. Salah satunya, kalau ada lansia yang berobat ke puskesmas maupun rumah sakit maka harus diprioritaskan. Para lansia, juga perempuan dan anak-anak membutuhkan perlindungan dan layanan khusus agar kenyamanan, keamanan, dan kesejahteraannya terjamin,” pungkas Gus Ipul

Pada peringatan Hari Lansia ini, dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan sosial lansia potensial, bantuan sosial lansia terlantar, bantuan sosial yatim piatu, bantuan sosial dhuafa, bantuan sosial penyandang cacat, dan bantuan sosial berupa uang (APBD) tahap 1 tahun 2023. Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan Karang Werda berperestasi dengan kategori juara kreativitas dan juara administrasi.

Turut hadir  bersama Wali Kota Pasuruan, Wakil Wali Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten I Kota Pasuruan, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah Terkait, Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.