AktualPublikasi

Momen Khidmat Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah-Suara alunan terompet penghormatan yang ditiupkan anggota TNI memecah keheningan malam pada Rabu (16/7).

Tiupan terompet tersebut menandai dimulainya apel kehormatan dan renungan suci pada dini hari menjelang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Apel kehormatan dan renungan suci ini diikuti oleh Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang malam itu didampingi oleh Wakil Walikota, Adi Wibowo, S.TP, M.Si (Mas Adi) beserta jajaran Forkopimda dan para kepala perangkat daerah.

Unsur ASN dan anggota TNI Polri juga turut serta menjadi bagian dari pelaksanaan kegiatan yang menjadi tradisi setiap malam menjelang detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI tersebut.

Malam itu, Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Makung Ismoyo Jati, bertindak sebagai inspektur apel yang bertujuan mengenang arwah dan jasa para pahlawan Kota Pasuruan ini.

Suasana makin terasa khidmat tatkala lampu di sekitar TMP dipadamkan dan hanya mengandalkan pencahayaan dari api obor. Tak hanya itu, setiap makam dari para pahlawan diterangi oleh cahaya lilin yang dinyalakan oleh anggota pramuka.

Setelah itu, Kapolresta membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci serta memimpin prosesi mengheningkan cipta.

“Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia, Kami yang hadir pada hari ini pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan Kota Pasuruan” bunyi petikan naskah yang dibaca Makung

Ia lalu melanjutkan kalimat demi kalimat yang tertera pada naskah dengan diterangi oleh temaram cahaya obor yang dibawa oleh dua orang anggota pramuka.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, serta kesucian pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa” lanjut Makung

Apel ini juga berisi janji mengisi kemerdekaan serta harapan agar arwah para pahlawan ini diterima Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat terhormat.

” Kami bersumpah dan berjanji perjuangan pahlawan adalah perjuangan kami juga. Semoga arwah pahlawan senantiasa diterima Tuhan Yang Maha Esa” pungkasnya.

Untuk diketahui, di TMP Kota Pasuruan bersemayam sebanyak 182 pahlawan TNI/Polri,31 pahlawan pejuanv rakyat, serta 41 pahlawan tidak dikenal.

Apel ditutup dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan yang bersemayam di TMP Kota Pasuruan.