AktualPublikasi

Galeri Dekranasda Loby Pemkot Diresmikan, Jadi Etalase Beragam Produk Unggulan UMKM Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah. Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf meresmikan Galeri Dekranasda yang bertempat di Lobby Sekretariat Daerah Kantor Walikota Pasuruan, Senin (22/1/2023). Peresmian dan pembukaan galeri ini ditandai dengan pemotongan tumpeng dan dilanjutkan dengan peninjauan galeri bersama. 

Di galeri ini, terpajang produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pasuruan mulai dari olahan makanan khas Kota Pasuruan, tas lokal kerajinan tangan, hingga beragam furniture kerajinan kayu yang menghiasi galeri. 

Gus Ipul dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kota Pasuruan saat ini terus berupaya mengembangkan UMKM di Kota Pasuruan, keberadaan Galeri Dekranasda di Kantor Walikota ini menjadi salah satu wadah untuk memamerkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Kota Pasuruan. 

“Diresmikannya Galeri ini menjadi usaha kita bersama untuk membuat apa yang kita miliki dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga tampilannya lebih berbeda, merenovasi ruang-ruang yang kita miliki untuk menampilkan produk-produk UMKM sehingga bisa lebih menarik,” ujar Gus Ipul 

Gus Ipul menyebutkan Dekranasda merupakan salah satu institusi yang menjadi mitra pemerintah dalam membantu program-program pembangunan daerah, termasuk dalam membina dan mengembangkan kerajinan dan produk UMKM. Ia meminta para pelaku usaha untuk terus bersinergi bersama Dekranasda untuk kemajuan produk-produk lokal serta industri kreatif Kota Pasuruan.

“Dekranasda menjadi jembatan dari para pelaku usaha kepada pemerintah. Untuk itu, kepada para OPD dan para pelaku usaha, mari kita bangun kerjasama, buat sesuatu yang menarik, berani menampilkan yang belum pernah ada di tempat dan kota lainnya” ucap  Gus Ipul 

Dengan hadirnya Galeri Dekranasda tersebut, Gus Ipul berharap dapat memperluas pasar kerajinan di Kota Pasuruan, menjadi etalase untuk menunjukkan hasil produk lokal kerajinan Kota Pasuruan. 

“Momentum ini kita manfaatkan untuk terus mewujudkan Kota Pasuruan yang semakin maju, kita punya industri mebel terbaik, industri logam yang luar biasa, dan produk UMKM lainnya yang perlu kita pasarkan,” ungkap Gus Ipul

Gus Ipul juga meminta dukungan para pimpinan OPD untuk menindaklanjuti mini galeri ini agar menyediakan ruang bagi produk lokal UMKM pada kantor dinas masing-masing. 

“Kantor kita menjadi wajah UMKM kita, di lobby kantor lain untuk ke depan juga harus ada produk andalan kita. Saya titip kepada OPD untuk menindaklanjuti mini galeri ini agar produk kita terus eksis dan dikenal banyak orang,” pungkasnya

Hadir dalam peresmian ini Walikota Pasuruan, Ketua Dekranasda Kota Pasuruan, Wakil Ketua Dekranasda Kota Pasuruan, Ketua Harian Dekranasda Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, serta para pelaku usaha dan undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *