AktualPublikasi

Resmikan Instalasi Kamar Operasi RSUD Dr. R. Soedarsono, Gus Ipul: Ciptakan Manajemen Pelayanan Yang Lebih Baik

Pasuruan Kota Madinah-Impian masyarakat Kota Pasuruan untuk memiliki fasilitas kesehatan modern dan berkualitas secara bertahap terus diwujudkan oleh Pemerintah Kota Pasuruan. Pada Selasa (27/2) siang, Wali Kota Pasuruan Drs H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meresmikan fasilitas terbaru yang dimiliki oleh RSUD Dr. R. Soedarsono. Instalasi Kamar Operasi dengan fasilitas yang modern, resmi difungsikan sebagai wujud komitmen peningkatan layanan kepada masyarakat.

Pembangunan instalasi kamar operasi ini dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan kualitas kamar operasi agar sesuai standar Kemenkes. Selain itu peningkatan jumlah pasien kamar operasi diikuti dengan kebutuhan penambahan ruang kamar operasi di rumah sakit ini.

Setelah rampungnya pembangunan, instalasi ini memiliki 5 Modullar Operating Theatre (MOT) serta berbagai fasilitas penunjang lain untuk mendukung kinerja 37 tenaga medis yang terdiri dari para dokter spesialis, perawat ahli, penata anestesi, serta bidan ahli yang nantinya akan bertugas di instalasi ini.

Gus Ipul, ketika meresmikan instalasi ini berpesan kepada seluruh jajaran RSUD agar selain memperbaiki kualitas sarana dan prasarana, juga tak henti untuk meningkatkan kualitas manajemen pelayanan.

“Alhamdulillah sedikit demi sedikit RSUD kita terus melakukan perbaikan kualitas. Saya berpesan agar kita bisa bikin manajemen pelayanan yang lebih baik” ujar Gus Ipul.

Yang menarik, Gus Ipul juga membahas tentang kultur “nyambangi” yang akrab dilakukan oleh masyarakat Kota Pasuruan. Jika sanak saudara atau teman sedang dirawat di rumah sakit, maka akan banyak yang menjenguk. Untuk itu Ia juga berpesan agar jajaran  RSUD menciptakan sebuah manajemen layanan prima bagi para penjenguk.

“Pengantar atau penjenguk ini penting. Tolong disediakan tempat yang baik. Bukan hanya pasien yang dilayani namun juga pengantar. Sedih jika sampai kleleran” ucapnya

Terkait dengan instalasi kamar operasi yang baru saja Ia resmikan, Gus Ipul mejelaskan bahwa hal tersebut adalah buah dari kerja keras bersama. Ia mengisahkan kembali ketika awal menjabat sebagai Walikota, bersama Wawali Adi Wibowo, sangat kritis terhadap persoalan rumah sakit. Hal tersebut tak lepas dari keberadaan rumah sakit sebagai pelayanan kebutuhan dasar masyarakat.

“Saya dengan Dokter Burhan (Direktur RSUD) dan Dinas Kesehatan, terus cari cara bagaimana kepercayaan masyarakat kepada rumah sakit kita meningkat. Berbagai keluhan saya tampung mulai dari kebersihan, keramahtamahan, sistem antrian, dan fasilitas lain” kisahnya

Kedepan Gus Ipul ingin RSUD Dr. R. Soedarsono termotivasi oleh kemajuan rumah sakit daerah lain yang Ia sebut banyak mengalami kemajuan yang pesat. Ia juga berharap agar RSUD Dr. R Soedarsono segera memiliki alat CT Scan.

“Untuk CT Scan, kita harus segera punya agar bisa maksimal melayani masyarakat” tegasnya.

Terkait dengan fasilitas penunjang, Gus Ipul juga ingin agar taman-taman yang berada di sekitar area rumah sakit juga dirawat dan dijaga kebersihannya. Hal tersebut karena fasilitas penunjang ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari layanan rumah sakit. (hly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *